Rawon Dinobatkan Sebagai Sup Terbaik di Dunia Versi Taste Atlas

  • Arry
  • 2 Agt 2023 12:05
Rawon, sup nikmat asal Surabaya, Jawa Timur(ist/ist)

Rawon khas Surabaya masuk dalam jajaran sup terenak di dunia versi Taste Atlas. Tak tanggung-tanggung, Rawon nangkring di peringkat pertama, mengalahkan ramen jagoan dari Jepang.

Dalam rilis terbaru Taste Atlas, pada 31 Juli 2023, ada 100 sup yang masuk dalam daftar sup terenak di dunia. Penilaian ini didasarkan pada penilaian dari masyarakat dalam mekanisme yang mereka tetapkan.

Dalam daftar 100 sup terenak di dunia, Indonesia menyumbang enam kuliner. Seperti rawon, soto, soto betawi, laksa, hingga sayur lodeh.

Namun, dari enam kuliner itu, Rawon terpilih menjadi sup terenak di dunia dengan menempati urutan pertama. Rawon mendapatkan rating 4,8. Sementara lima sup lainnya berada di luar 20 besar.

Berikut daftar 10 sup terenak di dunia versi Taste Atlas:

1. Rawon

    Rawon, sup nikmat asal Surabaya, Jawa Timur
Rawon, sup nikmat asal Surabaya, Jawa Timur (ist)

Rawon adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen kuncinya adalah buah kluwek, kacang hitam Indonesia.

Bumbu Indonesia yang tidak biasa ini memberikan hidangan rasa yang nikmat serta warna hitam gelap yang unik. Asal muasal sajian tersebut diyakini dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

2. Tonkotsu Ramen

    Tonkotsu Ramen kuliner khas Jepang (TasteAtlas.com)
Tonkotsu Ramen kuliner khas Jepang (TasteAtlas.com)

Tonkotsu adalah jenis ramen unik yang terbuat dari mie segar, kuning telur, dan perut babi empuk dengan disiram kaldu babi yang sangat berlemak. Ramen ini juga ditaburi daun bawang, rebung, kacang, rumput laut nori, dan jagung manis untuk membuat rasa lebih nikmat.

3. Tom Kha Gai

Tom kha gai adalah hidangan lezat nasional Thailand. Kuliner ini berupa sup ayam lengkuas rebus, terdiri dari santan, potongan ayam atau suwir, lengkuas (tanaman kayu berwarna coklat kemerahan atau merah muda terkait dengan jahe), serai, bawang putih, cabai rawit, daun jeruk purut, kecap ikan, dan jamur shiitake.

4. Sopa de lima

Di urutan keempat sup terenak di dunia ditempati Sopa de lima, kuliner khas Meksiko. Kuliner ini berupa sup ayam dan tomat yang pedas dan beraroma, bertentangan dengan namanya yang membuat orang mengira limau adalah bahan utama hidangan ini. Namun, supnya dibumbui dengan jeruk nipis Yucatan yang unik dan pahit serta cabai habanero pedas.

5. Hot Pot Taiwan

Hot pot versi Taiwan dimakan selama musim dingin, dan terutama pada hari-hari yang dingin dan hujan. Resepnya tidak diatur, melainkan terdiri dari sepanci kaldu dan berbagai bahan yang dimasak di dalamnya, lalu dicelupkan ke dalam kuah pendamping sebelum dikonsumsi.

Kaldu bisa dibuat dari bonito dan kombu, bumbu Cina, acar kol, tulang babi, susu, miso, atau kimchi. Bahan yang dimasak di dalamnya sering berupa umbi-umbian, tahu, siomay, perkedel ikan, talas goreng, atau daging yang diiris tipis. Sebagian besar restoran hot pot memiliki bar bumbu dengan saus dan hiasan seperti saus sha cha (saus barbekyu yang berasal dari sate), kecap, cuka putih, cuka hitam, pasta wijen, bawang putih, ketumbar, cabai, daikon, dan biji wijen.

6. Ciorba Radauteana

Ciorba Raduteana kuliner khas Rumania (tasteatlas.com)
Ciorba Raduteana kuliner khas Rumania (tasteatlas.com)

Ciorba Radauteana adalah sup tradisional Rumania. Sup ini dibuat dengan kombinasi ayam, bawang merah, paprika merah, seledri, wortel, jus lemon, bawang putih, peterseli, dan krim asam. Bahan-bahan tersebut direbus dengan api sedang hingga daging dan sayuran menjadi empuk.

7. Bori-bori

Bori-bori, sup asal Paraguay (Tasteatlas.com)
Bori-bori, sup asal Paraguay (Tasteatlas.com)

Bori-bori (vori-vori) adalah sup hangat asal Paraguay. Sup berisi daging (biasanya daging sapi atau ayam), pangsit lembut yang terdiri dari tepung jagung dan keju, serta sayuran seperti wortel, seledri, dan bawang bombay. Supnya secara tradisional dibumbui dengan daun salam, cengkeh, dan peterseli, sedangkan kunyit memberikan warna keemasan yang kaya.

8. Ramen

Ramen adalah sup mie yang pertama kali muncul di Jepang, yakni pada 1910. Kuliner ini bermula saat juru masak China menggabungkan mie dengan kaldu asin. Mie keriting ini berwarna kuning cerah dan lebih elastis daripada mie Jepang yang dibuat pada saat itu – adonannya diremas dengan air mineral yang mengandung natrium karbonat yang disebut kansui.

9. Ramen Shoyu

Ramen shoyu berbahan dasar kecap adalah salah satu dari empat kelompok utama ramen - hidangan mi yang dipuji karena rasanya yang istimewa. Mie, kuah kaldu, dan aneka topping adalah tiga elemen penting dalam setiap mangkuk ramen. Kuahnya yang berwarna gelap dan asin inilah yang membedakan shoyu dari jenis lainnya.

10. Zurek

Zurek adalah sup tradisional Polandia yang memiliki ciri khas rasa asam, yang berasal dari ragi asam, atau fermentasi roti dan tepung gandum hitam. Supnya juga berisi daging seperti sosis, bacon, atau ham, dan sayuran seperti kentang dan jamur.

Artikel lainnya: 3 Tips Memelihara Kucing Dalam Islam, Agar Berkah dan Membawa Pahala Besar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait