Kisah Mie Gaga vs Indomie dan Isu Kudeta, Lalu Siapa Sosok Djajadi Djaja?

  • Arry
  • 4 Sep 2023 13:32
Indomie vs Mie Gaga(ist/ist)

Mie Gaga dan Indomie menjadi bahan perbincangan dalam beberapa hari terakhir. Bahkan tersiar kabar adanya isu kudeta di balik dua merek mie instan ternama di Indonesia itu. Lalu siapakah sosok Djajadi Djaja?

Ada kisah unik di balik sejarah pendirian Indomie dan Mie Gaga. Hal ini bermula dari Djajadi Djaja dan Sudono Salim membangun PT Indofood Interna.

Sebelum bergabung di Indofood, Djajadi berbisnis di bidang distribudi, rokok, hingga food and baverage sejak 1959. Di bidang industri makanan, Djajadi mendirikan usaha bernama Sanmaru Food Manufacturing bersama Chow Ming Hua, Wahyu Tjuandi, Ulong Senjaya, dan Pandi Kusuma.

Perusahaan Sanmaru Food Manufacturing inilah memproduksi mie instan yang diberi nama Indonesia Mie atau disingkat Indomie. Pada 1982, produk ini pun sudah diekspor ke sejumlah negara seperti Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, beberapa negara di Eropa, Amerika, hingga Australia.

Baca juga
Indomie Ayam Spesial di Taiwan Kandung Zat Berbahaya, BPOM Sebut yang di RI Aman

Hal inilah yang kemudian Djajadi diajak bergabung dengan Salim Group. Salim diketahui juga sudah memiliki produk mie instan dengan merek Sarimie dan Supermie yang diproduksi sejak 1968. Selain itu, mereka juga memiliki usaha terigu Bogasari.

PT Indofood Eterna pun kemudian berdiri dan dipimpin orang dekat Djajadi, Hendy Rusli. Dengan berdirinya perusahaan ini, sekaligus menyatukan produk Indomie dan Supermie dalam sebuah rumah yang sama.

Di perusahaan ini, Djajadi dan teman-temannya menguasai saham 57,5 persen. Sementara Salim Group memiliki 42,5 persen.

Didepak dari Indofood >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait