Kisah Mie Gaga vs Indomie dan Isu Kudeta, Lalu Siapa Sosok Djajadi Djaja?

  • Arry
  • 4 Sep 2023 13:32
Indomie vs Mie Gaga(ist/ist)

Pada 1993, PT Sanmaru yang dimiliki Djajadi mengalami permasalahan keuangan. Pihak Salim mengklaim, Djajadi dan teman-temannya berkonflik. Hal ini kemudian dimanfaatkan Salim Group menguasai seluruh saham Indofood Eterna.

Hingga pada akhirnya, Salim memutuskan tidak lagi memakai perusahaan Djajadi, PT Wicaksana sebagai distributor, melainkan kini memakai anak usahanya bernama Indomarco Adi Prima.

Terdepak dari Indofood, Djajadi kemudian mendirikan PT Jakarana Tama dan memproduksi mie instan yang diberi nama Mie Gaga. Pabrik mie instan ini sudah didirikan Djajadi sejak 1980 dan memproduksi produk bernama Michiyo.

Perusahaan itu juga memproduksi sejumlah produk seperti makanan kalengan, sosis siap makan, hingga bumbu penyedap. Dan akhirnya mereka memproduksi Mie Gaga, Mie "100", "1000", Mie Gepeng, Mie Telor A1, Otak-otak, hingga Sosis Loncat. Djajadi bakan kini menjabat sebagai Komisaris di PT Wicaksana Overseas International Tbk (DKSH).

Baca juga
Ini Daftar Menu Olahan Indomie Warung Bu Jess Kelapa Gading, Harga Mulai Rp5.000

Di tengah menjalani bisnis itu, pada 17 Desember 1998, Djajadi menggugat Indofood ke pengadilan. Dia mengaku dipaksa menjual saham dan merek Indomie dengan harga rendah. Djajadi juga menuding Salim telah memanipulasi kepemilikan saham agar sahamnya semakin mengecil.

Dia menuntut Indofood membayar ganti rugi Rp620 miliar. Namun, Djajadi kalah di pengadilan hingga tingkat Mahkamah Agung.

Meski demikian, bisnis Mie Gaga yang dia tekuni juga terus meroket. Melansir situs Gaga Food, Djajadi mengaku tertarik pada industri makanan karena pengalaman hidupnya saat kecil.

"Saya berasal dari latar belakang keluarga yang sangat miskin. Saya ingat, makanan yang biasa saya makan adalah bubur dengan garam dan sesekali telur rebus. Itu sudah menjadi kemewahan bagi keluarga saya," kata Djajadi.

"Saya percaya kelezatan ajaib di setiap produk kami," ujarnya.

Tanggapan Djajadi dan Mie gaga soal dugaan kudeta Indomie >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait