Siomay dan Batagor Jadi Jajanan Kaki Lima Terenak di Dunia Versi Taste Atlas

  • Arry
  • 5 Sep 2023 18:53
Siomay Bandung, kuliner terenak di dunia versi Taste Atlas(ist/ist)

Taste Atlas kembali merilis jajanan kaki lima terlezat di dunia. Dalam rilis terbaru, ada dua jajanan kaki lima khas Indonesia yang masuk urutan teratas, yakni siomay Bandung dan Batagor.

Taste Atlas merupakan website yang mempromosikan kuliner tradisional dari berbagai negara. Situs ini pun kerap menjadi rujukan bagi wisatawan dalam berburu kuliner di suatu negara.

Berdasarkan rilis tertanggal 4 September 2023, Taste Atlas merangkum 100 jajanan kaki lima di dunia. Hasilnya, siomay berada di urutan pertama dan batagor di urutan keenam sebagai jajanan kaki lima terenak di dunia.

Berikut daftarnya!

1. Siomay Bandung, Indonesia

    Siomay Bandung

Siomay merupakan kuliner khas Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan kukus, telur, kentang, kubis, tahu, dan pare. Siomay biasanya disantap dengan disiram saus kacang yang rasanya pedas manis.

Taste Atlas mencatat Sioay Mang Ade Bandung hingga Batagor Kingsley sebagai tempat rujukan untuk menikmati siomay terenak di dunia.

2. Crepes, Prancis

    Crepes asal Prancis

Crepes merupakan jajanan berupa pancake tipis yang terbuat dari tepung terigu. Jajanan ini disebut berasal dari wilayah Brittany, Prancis. Sehingga Crepes kerap dijadikan makanan pokok masyarakat Perancis.

3. Pastel de Nata, Portugal

Jajanan terenak ketiga di dunia adalah Pastel de nata. Kuliner asal Portugal ini adalah jajanan berupa kue tart puding telur. Kue ini biasanya memiliki isian yang ditaburi kayu manis. Biasanya, Pastel de Nata nikmat disantap sebagai pendamping kopi.

4. Guotie, China

    Guotie asal China

Guotie menjadi jajanan terenak keempat di dunia. Kuliner ini merupakan jajanan khas China yang berupa pangsit yang diisi dengan dengan babi cincang, kubis, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen.

5. Roti Canai, Malaysia

    Roti Canai asal Malaysia

Roti Canai asal Malaysia terpilih menjadi jajanan terenak keenam di dunia. Roti canai adalah kuliner yang terbuat dari tepung, air, telur, dan lemak.

Selain populer di Malaysia, Roti Canai juga banyak digemari di Indonesia, Singapura, hingga Brunei Darussalam.

6. Batagor Bandung, Indonesia

    Batagor Bandung

Indonesia kembali menempatkan satu kulinernya di peringkat atas jajajan terenak di dunia, yakni Batagor Bandung. Kuliner ini sejenis pangsit goreng yang diisi dengan adonan ikan.

Batagor juga disajikan dengan disiram bumbu kacang yang pedas manis. Bahkan kerap disantap bersama dengan siomay.

Artikel lainnya: Pertamina Gelar Uji Emisi Gratis Untuk Mobil, Simak Jadwal dan Lokasinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait