Apa Itu Nyamuk Wolbachia Karya Bill Gates Untuk Pembasmi DBD, Ini Penjelasan Kemenkes

  • Arry
  • 19 Nov 2023 10:54
Nyamuk rekayasa genetik wolbachia(kementerian kesehatan/kemkes.go.id)

Pemerintah akan menyebarkan nyamuk Wolbachia untuk melawan nyamuk Aedes aegypti penyebar demam berdarah dengue di Indonesia. Apa itu nyamuk Wolbachia?

Melansir laman Kementerian Kesehatan efektivitas teknologi Wolbachia yang diterapkan di tubuh nyamuk sudah diteliti sejak 2011 oleh World Mosquito Program (WMP) dan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

"Teknologi yang digunakan bukan kategori dari rekayasa genetika," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, diktuip dari laman Kemenkes, Minggu, 19 November 2023.

Kemenkes menjelaskan, Wolbachia adalah bakteri yang hanya dapat hidup di dalam tubuh serangga, termasuk nyamuk. Wolbachia tidak dapat bertahan hidup di luar sel tubuh serangga dan tidak bisa mereplikasi diri tanpa bantuan serangga inangnya.

Ini merupakan sifat alami dari bakteri wolbachia. Wolbachia sendiri telah ditemukan di dalam tubuh nyamuk aedes albopictus secara alami.

Baca juga
BPJS Kesehatan Tanggung Kecelakaan Lalu Lintas Tunggal, Ini Syarat dan Caranya

“Bakteri wolbachia maupun nyamuk sebagai inangnya bukanlah organisme hasil dari modifikasi genetik yang dilakukan di laboratorium. Secara materi genetik baik dari nyamuk maupun bakteri wolbachia yang digunakan, identik dengan organisme yang ditemukan di alam,” kata Peneliti Universitas Gadjah Mada Prof. dr. Adi Utarini MSc, MPH, PhD.

“Wolbachia secara alami terdapat pada lebih dari 50% serangga, dan mempunyai sifat sebagai simbion (tidak berdampak negatif) pada inangnya. Selain itu, analisis risiko yang telah dilakukan oleh 20 ilmuwan independen di Indonesia menyimpulkan bahwa risiko dampak buruk terhadap manusia atau lingkungan dapat diabaikan,” lanjut Prof Uut.

Di Indonesia, teknologi wolbachia yang digunakan, diimplementasikan dengan metode “penggantian”, dimana baik nyamuk jantan dan nyamuk betina wolbachia dilepaskan ke populasi alami.

Tujuannya agar nyamuk betina kawin dengan nyamuk setempat dan menghasilkan anak-anak nyamuk yang mengandung wolbachia. Pada akhirnya, hampir seluruh nyamuk di populasi alami akan memiliki wolbachia.

Baca juga
Ahli Mesir Kuno Demam Hingga Batuk Darah Usai Buka Makam Mumi, Kena Kutukan Firaun?

Prof Uut menjelaskan, Wolbachia berperan dalam memblok replikasi virus dengue di dalam tubuh nyamuk. Akibatnya nyamuk yang mengandung wolbachia, tidak mampu lagi untuk menularkan virus dengue ketika nyamuk tersebut menghisap darah orang yang terinfeksi virus dengue.

Mengingat wolbachia terdapat dalam telur nyamuk, maka bakteri ini akan diturunkan dari satu generasi nyamuk ke generasi berikutnya. Akibatnya, dampak perlindungan wolbachia terhadap penularan dengue bersifat berkelanjutan (sustainable).

"Pendekatan wolbachia telah terbukti mengurangi secara signifikan kejadian penyakit demam berdarah dan kebutuhan rawat inap bagi penderita penyakit tersebut. Penurunan ini tentu saja akan berdampak pada penghematan biaya yang signifikan dalam pengendalian dengue bagi negara yang menerapkannya," lanjut Prof Uut.

“Pendekatan ini sangat efektif dalam pengendalian penyakit yang ditularkan oleh nyamuk di wilayah perkotaan besar yang berpenduduk padat dan dengan tingkat insidensi dengue yang tinggi,” lanjut Prof Uut.

Artikel lainnya: 6 Fakta Dokter Qory yang Viral: Dilaporkan Hilang, Korban KDRT, Suami Ditangkap

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait