Apa Itu Asam Sulfat yang Sempat Diucap Gibran Cocok untuk Ibu Hamil

  • Arry
  • 5 Des 2023 09:13
Ilustrasi ibu hamil(Suhyeon Choi/unsplash)

Zat asam sulfat tengah menjadi perbincangan hangat. Zat korosif itu sempat disebut cawapres Gibran Rakabuming Raka cocok untuk ibu hamil.

Hal ini bermula saat Gibran tengah berada di suatu Diskusi Ekonomi Kreatif di sebuah kafe pada Minggu 3 Desember 2023. Diskusi tersebut membahas mengenai gizi untuk ibu hamil.

“Ketika hamil harus dicek, ya, asam sulfat, yodiumnya terpenuhi nggak. Ketika anaknya lahir sampai dua tahun asinya terpenuhi nggak, berat badannya,” kata Gibran.

Belakangan, Gibran mengoreksi ucapannya itu. Dia mengaku salah ucap. Menurut putra sulung Presiden Jokowi itu, yang dimaksud adalah asam folat.

"Kemarin saya nyebutnya apa? Asam sulfat? Sorry, sorry, ya, maaf, mohon dikoreksi," terang Gibran.

Apa sih sebenarnya asam sulfat?

Mengutip laman Sampoerna Academy, Asam sulfat merupakan asam mineral atau anorganik yang kuat. Zat yang memiliki rumus kimia H2SO4 dengan massa molar sebanyak 98,09 g/mol itu larut dalam cairan pada semua perbandingan.

Bentuk asam sulfat bisa dideskripsikan dengan beberapa karakteristik, di antaranya seperti berminyak, cairan Higroskopis, tak berwarna dan tak memiliki bau.

Nama lain dari asam sulfat juga biasa disebut dengan minyak vitriol yang memiliki titik lebur pada 10 derajat celcius. Sementara titik didih terdapat pada 337 derajat celcius dan memiliki sifat korosif, asam sulfat murni yang tidak bisa diencerkan sulit ditemukan secara alami karena memang sifatnya yang termasuk ke dalam higroskopis.

Namun begitu sebagai komponen utama dalam hujan asam, munculnya karena oksidasi sulfur dioksida yang terjadi di dalam atmosfer. Hal ini terbantu dengan adanya air sehingga membuat oksidasi asam sulfit terjadi, sulfur dioksida termasuk pada produk sampingan utama dari pembakaran bahan bakar seperti minyak memiliki kandungan sulfur dan batu bara.

Terbentuknya asam sulfat terjadi secara alami lewat adanya oksidasi pada mineral sulfida, termasuk salah satunya besi sulfida. Air yang muncul dari hasil oksidasi ini sangat asam, bahkan karena keasaman yang muncul disebutkan sebagai air asam tambang. Fungsinya mampu melarutkan logam-logam yang terdapat di dalam bijih sulfida mampu menghasilkan uap berwarna cerah beracun.

Kegunaan Asam Sulfat

  1. Asam sulfat sebagai bahan pembuatan deterjen.
  2. Asam sulfat sebagai bahan pembuatan asam nitrat.
  3. Asam sulfat sebagai bahan pembuatan baterai.
  4. Asam sulfat sebagai proses penghilangan zat pengotor minyak bumi lewat proses penyulingan.
  5. Dalam proses pembuatan bahan peledak, nitrogliserin sebagai reaktan.
  6. Asam sulfat sebagai bahan baku proses pembuatan pupuk.
  7. Asam sulfat dalam proses pembuatan rayon yang dicampur dengan tetramine copper.
  8. Asam sulfat digunakan sebagai bahan pembuatan perekat atau lem.
  9. Asam sulfat dipakai chemical reagent.
  10. Asam sulfat dimanfaatkan untuk bahan kimia dalam proses water treatment.

Contoh Kegunaan

Asam sulfat memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari manusia, namun dalam penggunaannya harus sesuai dengan tata cara. Jika asam sulfat dipakai secara asal maka dampak yang ditimbulkan akan sangat berbahaya bagi manusia.

Berikut ini beberapa kegunaan asam sulfat dalam kehidupan sehari-hari manusia.

  • Asam sulfat sebagai cairan elektrolit pada aki.
  • Asam sulfat sebagai bahan baku pembuatan pupuk.
  • Asam sulfat sebagai bahan pembersih karat.

Demikian penjelasan mengenai asam sulfat.

Artikel lainnya: Manfaat Makan Makanan Pedas: Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait