Pentingnya Asam Folat, Bukan Asam Sulfat, untuk Ibu Hamil

  • Arry
  • 5 Des 2023 11:52
Manfaat asam folat untuk ibu hamil(kemenkes/ayosehat.kemenkes.go.id)

Istilah asam sulfat dan asam folat kini tengah menjadi perbincangan. Gegaranya adalah pernyataan dari cawapres Gibran Rakabuming Raka yang keliru menyebut asal sulfat penting bagi ibu hamil. Gibran meralatnya menjadi asam folat.

Beralih dari isu tersebut, untuk diketahui, seorang ibu hamil sangat membutuhkan gizi tambahan selama masa kehamilan. Beberapa zat yang paling dibutuhkan selama kehamilan antara lain asam folat, zat besi, kalsium, dan mineral.

Asam folat ini sangat dibutuhkan. Zat ini menentukan pembentukan sistem saraf janin, pembentukan plasenta, mencegah anemia, mencegah keguguran, hingga menurunkan risiko preeklamsia.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, konsumsi asam folat untuk ibu hamil harus dimulai sedini mungkin, bahkan sejak trimester pertama. Dosis yang disarankan adalah 400 mikrogram per hari.

Baca juga
Apa Itu Asam Sulfat yang Sempat Diucap Gibran Cocok untuk Ibu Hamil

Mengutip Siloam Hospital, berikut manfaat dari asam folat:

1. Membentuk Plasenta

Manfaat asam folat untuk ibu hamil yang pertama yaitu turut mengoptimalkan pembentukan plasenta di dalam kandungan. Plasenta merupakan lapisan yang terbentuk di area rahim selama masa kehamilan dan berfungsi mengalirkan oksigen serta nutrisi ke janin.

2. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Preeklamsia adalah kondisi ketika tekanan darah ibu hamil meningkat dan disertai dengan kelebihan kadar protein di dalam urine. Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, terdapat dugaan bahwa preeklamsia dipicu oleh gangguan perkembangan plasenta.

Sebagai upaya mengoptimalkan pembentukan plasenta dan menurunkan risiko preeklamsia, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat yang cukup terutama saat usia kandungan telah memasuki trimester kedua.

3. Mengoptimalkan Produksi Sel Darah Merah

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Oleh karenanya, konsumsi asam folat yang cukup dapat mengurangi risiko terjadinya anemia pada ibu hamil yang dapat menjadi faktor pemicu dari kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, serta perdarahan pasca melahirkan.

4. Mencegah Cacat Tabung Saraf pada Janin

Kekurangan asam folat pada ibu hamil berisiko menyebabkan gangguan kesehatan pada janin, salah satunya adalah cacat tabung saraf, seperti spina bifida dan anensefali.

Spina bifida merupakan kondisi yang ditandai dengan kelainan pada saraf tulang belakang. Spina bifida dapat meningkatkan risiko berbagai macam komplikasi pada bayi, seperti gangguan motorik, infeksi otak, hingga cacat permanen.

Sementara itu, anensefali adalah kelainan yang terjadi ketika bayi lahir tanpa sebagian otak dan tulang tengkorak. Kondisi dapat berakibat fatal karena berisiko menyebabkan kematian pada bayi setelah dilahirkan.

Baca juga
7 Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Bawaan pada Janin

Selain cacat tabung saraf, kekurangan asam folat pada ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bawaan pada janin. Karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan asam folat hariannya sebaik mungkin sebagai upaya mencegah berbagai kelainan bawaan pada janin.

6. Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Manfaat konsumsi asam folat saat hamil berikutnya adalah dapat menurunkan risikomencegah keguguran, yaitu kondisi ketika janin mati di dalam kandungan. Selain itu, konsumsi asam folat yang cukup juga dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan lainnya, seperti gangguan perkembangan janin dan kelahiran prematur.


Ada sejumlah rekomendasi makanan tinggi asam folat untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

  1. Sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, dan seledri.
  2. Kacang-kacangan, seperti lentil, kacang polong, dan kacang tanah.
  3. Buah-buahan, seperti pepaya, anggur, jeruk, dan alpukat.
  4. Hati sapi.
  5. Telur.
  6. Asparagus.

Artikel lainnya: Kisah Pengemis Elit di Ponorogo: Siang Ngemis di Jalan, Malam Nginap di Hotel Mewah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait