7 Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

  • Arry
  • 13 Jan 2023 14:08
Ilustrasi makanan penyubur kandungan agar cepat hamil(ist/unsplash)

Makanan dan nutrisi merupakan faktor penting untuk meningkatkan kesuburan kandungan. Makanan dan minuman ini disarankan dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah kesuburan atau sulit hamil.

Melansir laman Halodoc, berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan:

1. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan penyubur kandungan yang bisa dikonsumsi. Ikan mengandung asam lemak omega-3 dinilai dapat mengoptimalkan kinerja organ reproduksi. Asam lemak omega-3 ini banyak terkandung pada ikan salmon, sarden, atau tuna.

Baca juga
11 Manfaat Jahe Merah Campur Madu: Baik Untuk Diet dan Kesuburan Pria

2. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti susu, yoghurt, dan keju tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang saja, tetapi juga secara potensial dapat meningkatkan kesehatan reproduksi. Disarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak atau bebas lemak, karena berat badan berlebih juga dapat memengaruhi kesuburan.

3. Protein Hewani dan Nabati

Protein hewani dan nabati yang bisa dicoba adalah daging yang kaya protein dan zat besi dan kacang polong atau kacang tanah. Hal yang perlu diingat, sebaiknya jangan daging merah secara berlebihan untuk mencukupi kebutuhan protein harian.

4. Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan penyubur kandungan lainnya yang tak boleh dilupakan. Disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Contohnya seperti buah beri (stroberi, raspberry, atau blueberry). Kandungan antioksidan di dalam buah ini melindungi tubuh dari kerusakan dan penuaan sel, termasuk sel pada sistem reproduksi.

Baca juga
Resep dan Cara membuat Sambal Petai Ikan Teri, Bikin Nafsu Makan Meningkat

5. Asupan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari roti tawar gandum atau sereal biji-bijian utuh. Makanan ini banyak nutrisi penting untuk kesuburan, seperti vitamin B, antioksidan, dan zat besi.

6. Makanan Kaya Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang perlu dikonsumsi pada wanita yang ingin atau sedang berada dalam masa kehamilan. Menurut penelitian, ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen.

Selain itu, asam folat berperan penting dalam meningkatkan kesuburan. Asam folat bisa kamu dapatkan dari bayam, brokoli kentang, sereal kacang-kacangan, dan buah-buahan seperti jeruk, pepaya, atau alpukat. 

7. Makanan yang Mengandung Zinc

Makanan penyubur kandungan lainnya yang tak boleh dilupakan adalah makanan yang banyak mengandung zinc. Zat yang satu ini dapat meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas dan melancarkan siklus haid. Nah, kamu bisa mendapatkan asupan zinc dari tiram, biji-bijian utuh, ayam, daging sapi, telur, hingga produk susu. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait