Lagi Viral, Cek 5 Titik Kritis Kehalalan Cromboloni Versi MUI

  • Arry
  • 24 Des 2023 13:30
Pastry cromboloni yang tengah viral(@ikarahma/pixabay)

Pastry cromboloni kini tengah viral. Banyak orang yang memburu kue asal Prancis tersebut. Apakah kue ini sudah bersertifikat halal, apa saja titik kritis yang harus diperhatikan?

Cromboloni adalah kue campuran croissant khas Perancis dan bomboloni pastry khas Italia yang memiliki aneka ragam rasa dengan topping dan terdapat isian di dalamnya.

Croissant merupakan kue yang memiliki bahan tepung, mentega, garam, dan ragi, terkadang ditamah susu. Sedangkan isiannya biasanya menggunakan cokelat, stroberi, kacang almond, tiramisu, vanila, green tea, varian daging, serta masih banyak lagi.

Sementara bomboloni adalah donat asal Italia yang bentuknya bulat utuh tanpa lubang di tengahnya. Donat ini juga meiliki bahan dasar tepung terigu, mentega, garam, gula, susu dan ragi. Untuk isiannya bisa cokelat, strawberry, blue berry, tiramisu, taro, keju, cappucino, greeen tea, dan masih banyak lagi.

Cromboloni diklaim adalah kue no pork no lard dan tanpa menggunakan rum. Meski demikian, ada sejumlah titik kritis yang harus diperhatikan dalam pembuatan cromboloni.

Baca juga
Resep Cromboloni yang Lagi Viral, Ini Rahasia Agar Renyah dan Lumer

“Secara umum, roti Perancis tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang halal seperti tepung terigu atau tepung gandum, mentega, ragi, dan garam. Ada lima titik kritis kehalalan crombolini yang perlu menjadi perhatian,” jelas Post Audit Officer LPPOM MUI, Fadilla, S.TP dikutip dari laman MUI, Minggu, 24 Desember 2023.

Berikut titik kritis kehalalan Cromboloni:

1. Tepung Terigu

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Rep. Indonesia No. 962/Menkes/SK/ VII/2003, tepung terigu yang diproduksi, diimpor atau diedarkan di Indonesia harus mengandung fortifikan, yang meliputi: zat besi (Fe), seng (Zn), vitamin B1, vitamin B2, serta asam folat. Dari sisi kehalalannya, tepung terigu relative aman. Akan tetapi, berbagai bahan yang ditambahkan rentan terhadap berbagai cemaran bahan haram. Sebagai contoh, vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), dan asam folat (folic acid) bersumber dari bahan yang halal dikonsumsi. Vitamin tersebut dapat berubah menjadi tidak halal apabila dalam proses produksi secara mikrobiologis menggunakan media yang berasal dari protein hewan yang tidak halal.

2. Mentega

Mentega yang rentan dengan penggunaan enzim, seperti rennet dan pepsin. Pepsin dan rennet ini dapat berasal dari babi, meskipun tidak semua produk tersebut berasal dari babi. Whey juga dapat berasal dari pengasaman susu dan pemisahan gumpalan, sehingga asam yang digunakan bisa saja kritis jika terbuat dari produk mikrobial seperti asam sitrat.

3. Gula

Gula memiliki tahapan proses produksi yang berpeluang menggunakan bahan dekolorisasi yang menggunakan arang aktif. Bahan ini dapat terbuat dari tulang, kayu, atau bambu. Perlu dikaji lebih lanjut apabila menggunakan arang aktif dari tulang karena ada kemungkinan berasal dari tulang babi atau hewan yang disembelih tidak sesuai syar’i.

4. Kuas

Kuas yang dipakai untuk mengoles cromboloni bisa menggunakan kuas sintetis atau kuas yang terbuat dari bulu hewan, Kuas juga digunakan untuk mengolesi loyang dengan margarin atau minyak agar roti tidak menempel. Jika menggunakan yang berasal dari bulu hewan perlu dilihat apakah berasal dari babi atau tidak.

5. Topping dan Filling

Topping seperti cokelat pastinya menggunakan emulsifier dalam pengolahannya. Emulsifier ini ada yang berupa lesitin. Yang patut diteliti adalah, apakah lesitin yang digunakan lesitin nabati atau hewani. Jika nabati umumnya menggunakan lesitin kedelai, sedangkan jika hewani apakah menggunakan babi atau tidak. Lemak juga salah satu jenis emulsifier untuk cokelat yang biasanya berfungsi sebagai stabilizer. Hampir sama seperti lesitin, lemak yang digunakan harus kita pastikan berbahan nabati atau hewani. Jika hewani harus dapat dipastikan bukan babi dan berasal dari hewan halal yang disembelih sesuai syar’i.

Untuk terhindar dari yang cromboloni yang berpotensi haram, ada baiknya kita bersikap kritis dan mencermati menu-menu dan bahan yang digunakan, bukan hanya karena sedang ramai ataupun viral. Dengan begitu, keberkahan bisa selalu kita dapatkan.

Artikel lainnya: Heboh Denny Sumargo Ucap Kalimat Syahadat, Resmi Mualaf?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait