Pemenang Pilpres 2024 Diumumkan Malam Ini, KPU Dijaga Ketat

  • Arry
  • 20 Mar 2024 16:41
Komisi Pemilihan Umum atau KPU(kpu/kpu.go.id)

Komisi Pemilihan Umum akan mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024. Penetapan ini akan langsung dilakukan usai rekapitulasi nasional kelar dilakukan untuk 38 provinsi.

Komisioner KPU, August Mellaz, menjelaskan, pengumuman pemenang Pemilu dan Pilpres 2024 akan dilakukan usai buka puasa.

"Nah, mungkin kalau waktu definitifnya kemungkinan pasca, kita ambil jeda sampai menjalankan ibadah inilah, puasa, ya, waktu berbuka, semacam itu," kata Anggota KPU RI, August Mellaz di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Maret 2024.

"Nah, posisinya sekarang untuk provinsi Papua dan Papua Pegunungan sudah ada di kantor KPU, jadi sebentar lagi akan berlangsung satu panel," tuturnya.

Dari hasil rekapitulasi di 36 provinsi, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak di 34 provinsi. Sedangkan paslon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menang di 2 provinsi lainnya.

Untuk diketahui, KPU diberi waktu hingga 20 Maret untuk mengumumkan hasil pemilu. Hal ini sesuai dengan amanat dari UU Pemilu.

Jelang pengumuman pemenang Pemilu 2024, suasana di Kantor KPU telah dijaga ketat polisi. Tak hanya itu, pihak keamanan telah menutup Jalan Imam Bonjol yang berada di depan Kantor KPU RI dengan menggunakan barrier yang terbuat dari beton yang dilengkapi dengan kawat berduri di sisi atasnya.

Polisi pun telah melakukan rekayasa lalulintas dengan mengalihkan kendaraan dari kawasan Kuningan yang ingin berbelok mengarah ke Jalan Imam Bonjol pun diarahkan untuk lurus ke Jalan HOS Cokroaminoto.

Artikel lainnya: 3 Wasiat Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait