Viral Pria Ini Beli Sepatu Rp10 Juta Tapi Kena Pajak Bea Masuk Rp30 Juta

  • Arry
  • 23 Apr 2024 17:02
Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan(bea cukai/pajak.com)

Sebuah video berisi keluhan seorang pria dikenai pajak tinggi usai membeli sepatu dari luar negeri viral di media sosial. Sebab, harga sepatunya Rp10 juta, tapi bea masuk pajaknya mencapai Rp30 juta.

Video keluhan pria ini diunggah akun X, @PartaiSocmed. Dalam unggahannya, akun itu bertanya ke Prastowo Yustinus selaku staf khusus Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Bea Cukai.

"Selamat siang pak @prastow. Ini kok berulang terus ya kejadian di Bea Cukai? Masa beli sepatu harga 10 jutaan bea masuknya sampai 30 jutaan?" tulis akun itu dikutip Selasa, 23 April 2024.

"Dan jika ada surat penetapan pembayaran bea masuk, cukai, pajak (sppbmcp), kenapa orangnya tidak dikasih tahu rinciannya?"

Baca juga
1 Ton Roti Milk Bun dari Thailand yang Sedang Viral, Dibakar Bea Cukai

Sementara itu pria yang ada di video yang diunggah akun itu menanyakan dasar dari Bea Cukai menerapkan bea masuk yang lebih tinggi dibanding harga barang.

"Halo bea cukai gue mau nanya sama kalian, kalian itu menetapkan bea masuk itu dasarnya apa ya? Gue kan baru beli sepatu harganya Rp10,3 juta, shipping Rp1,2 juta, total Rp11,5 juta. Dan kalian tahu bea masuknya berapa? Rp31,800, itu perhitungan dari mana?," tanya pria dalam video tersebut.

Viral pria beli sepatu Rp10 juta dikenai pajak Rp30 juta

Pria itu menilai, berdasarkan aplikasi kalkulator dari Bea Cukai, bea masuk yang harus di bayar ternyata hanya Rp5,8 juta.

"Ini kalo based on perhitungan gua, harusnya tuh gua bayar Rp 5,8 juta. Dan ini juga perhitungan yang gua pakai menggunakan aplikasi kalian nih, Mobile Beacukai, Rp 5,8 juta."

"Terus kalian netapin bea masuk atas gua itu dari mana perhitungannya? Sepatu gua Rp 10 juta kalian kenain Rp 30 juta. Ini nggak make sense banget," ujarnya.

Baca juga
Viral TKI Beli Gamis Rp200 Ribu Kena Denda Bea Cukai Rp9 Juta, Ini Penjelasannya

Kisah pria tersebut ternyata juga dialami mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia Justinus Laksana. Dia juga menggunaan jasa eksepdisi yang sama.

"Gw pernah beli jersey FC Utrecht, harga 60 euro sekitar 1jt, dikirim pake DHL, sebelum gw terima hrs bayar pajak 1 jt, edan. Masa harga jersey sama dgn harga pajak," tuli coach Justin membalas unggahan tersebut.

"Sebetulnya bea cukai ini lebih bobrok dan jauh lebih kacau daripada direktorat pajak. Jauh lebih gampang fraud nya," tulis netizen lain.

"Pernah beli vitamin di dr web luar, harga krng lebih 1,3jtan… bayar bea masuk hampir 700rb, minta banding akhirnya jadi 440rb. Bea masuknya 3x lipat buset."

Namun ada pula yang menyalahkan perusahaan ekspedisinya.

"coba tanya ke DHL nya."

"Kalau ini murni kesalahan DHL selaku PJT yg salah input nilai pabean, harusny DHL bs manfaatkan fasilitas permohonan perubahan atas kesalahan data CN yang form ny sesuai Lampiran huruf W PMK 96/2023. Tp rata2 jika buyer ga merasa minta underinvoice, biasanya seller yg inisiati."

Artikel lainnya: Viral Bocah Setir Mobil Listrik Chery di Hingga Tabrak Toko di MOI Kelapa Gading

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait