PPKM Diperpanjang, Anak-anak Kini Boleh Masuk Bioskop dan Main di Mal

  • Arry
  • 18 Okt 2021 20:29
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan(humas/setkab)

Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM. Untuk wilayah Jawa-Bali diperpanjang 2 minggu mulai 19 Oktober-1 November 2021. Sementara luar Jawa Bali sampai 8 November.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan, perpanjangan ini tetap dilakukan meskipun kasus konfirmasi Covid-19 telah turun.

"Selain itu, angka reproduksi efektif Bali akhirnya turun di bawah 1, mengikuti angka nasional dan pulau Jawa, yang mengindikasikan terkendalinya pandemi Covid-19," kata Luhut, Senin, 18 Oktober 2021.

"Saat ini hanya tersisa kurang dari 20 ribu kasus aktif di nasional dan kurang dari 8 ribu kasus aktif di Jawa-Bali. Jauh menurun dibandingkan lebih dari 570 ribu kasus aktif pada puncak Varian Delta," kata Luhut.

Meski PPKM diperpanjang, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan sejumlah aturan. Pelonggaran itu adalah, anak-anak yang berada di wilayah PPKM Level 2 dan 1 kini diperkenankan masuk ke bioskop.

"Dan kapasitas bioskop untuk kota level 2 dan 1 dapat dinaikkan menjadi 70 persen," kata Luhut.

Selain itu, tempat permainan anak di pusat perbelanjaan atau mal yang berada di kota dengan PPKM Level 2 dan 1 boleh beroperasi.

"Kami mensyarakatkan tempat permainan anak harus mencatat nomor telepon dan alamat orang tua, serta waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing," ujarnya.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait