SBY Didiagnosis Kanker Prostat, Izin Presiden Jokowi Akan Dirawat di Luar Negeri

  • Arry
  • 2 Nov 2021 12:50
Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY(@aniyudhoyono/instagram)

Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono didiagnosis mengidap kanker prostat tahap awal. SBY pun meminta izin ke Presiden Joko Widodo dan mengabarkan akan menjalani perawatan di luar negeri.

"Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, dalam keterangannya, Selasa, 2 November 2021.

Menurutnya, SBY direncanakan menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di luar negeri. Hal tersebut dilakukan usai berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia dan urolog senior.

"Diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," jelasnya.

"Komunikasi yang dilakukan antara tim dokter Indonesia dan tim dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY," ujarnya.

"Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY," ujarnya.

Mengenai rencana pengobatan di luar negeri, lanjut Ossy, SBY sudah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi. Dan Presiden Jokowi akan menyertakan anggota tim dokter kepresidenan untuk mendampingi pengobatan SBY di luar negeri.

"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," tuturnya.

"Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik," imbuhnya.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait