Kebakaran Tangki Kilang Minyak Cilacap Padam, Stok BBM Aman

  • Arry
  • 14 Nov 2021 16:05
Tangki Pertalite di Kilang Pertamina Cilacap Terbakar(tangkapan layar/ist)

Kebakaran yang melanda tangki pertalite di kilang mintak Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, padam. Stok BBM pun dipastikan aman tidak terganggu dengan kebakaran tersebut.

"Semua telah padam di 07.45 WIB dan kita telah menyatakan aman itu pada jam 9.15 WIB," kata Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Djoko Priyono, Minggu, 14 November 2021.

Kebakaran terjadi pada Sabtu 13 November 2021 mulai pukul 19.20 WIB. Menurut Djoko, pihaknya menggunakan strategi untuk memadamkan api di tangki Pertalite itu. Salah satunya dengan langsung menyekat tangki yang terbakar.

Baca Juga
Deretan Kebakaran di Kilang Pertamina, Paling Sering Terjadi di Cilacap

"Dan juga kita lakukan ofensive fire fighting di Tangki 36T102, dengan ofensive fire fighting maka api dapat dikendalikan dan dapat dipadamkan secara total pada 07.45 pagi tadi," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati menambahkan, api sempat berhasil dijinakkan pada pukul 23.05 WIB. Namun, foam kembali terbuka 85 menit kemudian. Seingga harus dilakukan pemadaman kedua.

Baca Juga
VIDEO: Kebakaran Hebat Terjadi di Kilang Pertamina Cilacap

"Kondisi sudah benar-benar aman, dengan terbakarnya satu tangki itu tidak ada shutdown dan tidak mempengaruhi produksi. Kondisi stok di tangki kilang atau di pipa serta stok SPBU semuanya aman," ucapnya.

Nicke juga menjamin pasokan BBM dan LPG tidak terganggu. Masyarakat pun tidak perlu panik akibat kebakaran ini.

"Kondisi stok baik yang ada di Tangki Tangki serta stok yang ada di SPBU semuanya aman. Kami menjamin semua pasok tidak terganggu, jadi jangan ada panic buying. Kita akan melakukan evaluasi dan investigasi lebih lanjut. Langkah awal adalah keamanan dari para rekan dan masyarakat setempat," ujarnya.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait