Cegah Omicron Masuk, Indonesia Tutup Pintu dari 8 Negara Afrika

  • Arry
  • 28 Nov 2021 16:09
Virus Corona(thiagolazarino/pixabay)

Indonesia resmi menutup pintu bagi warga negara dari delapan negara Afrika. Hal ini untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 berjenis B.1.1.529 atau Omicron yang sedang merebak di 8 negara Afrika tersebut.

"Penolakan masuk sementara ke wilayah Indonesia bagi orang asing yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi wilayah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari sebelum masuk wilayah Indonesia," sebut edaran Direktorat Jenderal Imigrasi yang dikutip pada Minggu, 28 November 2021.

Keputusan itu tercantum dalam Surat Edaran Ditjen Imigrasi bernomor IMI-0269.GR.01.01 TAHUN 2021 dan diteken Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana pada 27 November 2021.

Baca Juga
4 Fakta yang Patut Diketahui dari Varian Baru Omicron Afsel: 500 Kali Lebih Menular

"Penangguhan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria," lanjut edaran tersebut.

Aturan itu mulai berlaku pada Senin, 29 November 2021. "Surat edaran ini berlaku pada tanggal 29 November 2021 dan akan dievaluasi lebih lanjut," tulis ketentuan tersebut.

Namun, ketentuan tersebut dikecualikan bagi orang asing yang akan mengikuti pertemuan terkait Presidensi Indonesia dalam G20.

Varian Omicron

Varian baru virus Corona B.1.1.529 saat ini tengah merebak di Afrika. Bahkan dilaporkan sudah menyebar ke sejumlah negara di luar Afrrika.

WHO menyatakan, varian yang diberi nama Omicron ini terdeteksi meningkat tajam sejak pertama kali dilaporkan pada 24 November 2021.

WHO pun menetapkan varian Omicron ini ke dalam variant of concern (VOC) atau virus yang sangat diwaspadai.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait