4 Warga DKI Jakarta Disebut Terpapar Varian Omicron, Ini Penjelasan Kemenkes

  • Arry
  • 8 Des 2021 16:49
Ilustrasi Virus Corona(thedigitalartist/pixabay)

Dinas Kesehatan Bekasi mengungkapkan ada 4 warga Jakarta sudah terpapar virus Covid-19 varian Omicron. Hal tersebut diketahui berdasarkan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) di Cikarang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, langsung memeriksa kebenaran informasi tersebut. "Jadi informasi itu akan kami teliti dan kita cek Dinkes sudah menindaklanjuti nanti kami akan sampaikan hasilnya," kata Riza di Jakarta, Rabu, 8 Desember 2021.

Kementerian Kesehatan juga bereaksi atas informasi tersebut. Namun, Kemenkes membantah soal temuan varian Omicron di Jakarta itu.

"Tidak benar ini (temuan Omicron di Kabupaten Bekasi). Belum ada kasus Omicron (di Indonesia) sampai saat ini," kata Juru Bicara kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, di Jakarta, Rabu, 8 Desember 2021.

Baca Juga
4 Fakta yang Patut Diketahui dari Varian Baru Omicron Afsel: 500 Kali Lebih Menular

Menurut Nadia, Kemenkes sudah mendalami informasi tersebut lansung kepada petugas laboratorium di Cikarang.

"Kemenkes terus meningkatkan cakupan tes genom sekuensing dari para pasien yang terpapar Covid-19 untuk mengantisipasi secara dini Omicron maupun varian terbaru SARS-CoV-2 di Tanah Air," kata Nadia.

Menurutnya, Kemenkes sudah memiliki 11 unit mesin genom sekuensing yang bisa mempercepat deteksi varian baru Covid-19, termasuk varian Omicron.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait