BMKG Cabut Peringatan Tsunami, BNPB: Tsunami Terdeteksi 7 Cm di NTT

  • Arry
  • 14 Des 2021 13:29
BMKG(bmkg/bmkg.goo.id)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencabut peringatan dini tsunami paska gempa magnitudo 7,4 di Nusa Tenggara Timur. Keputusan diambil setelah dua jam berlalu sejak gempa petama terjadi.

"Sudah lebih dari dua jam kejadian dan tidak terdeteksi kenaikan muka air laut lagi, maka peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Selasa, 14 Desember 2021.

Dwikora pun menyatakan, BMKG sudah berdiskusi dengan pejabat di NTT untuk mempersilakan warganya kembali ke rumah. "Masyarakat bisa kembali ke tempat masing-masing," ucapnya.

Baca Juga
Gempa Dahsyat 7,4 Skala Richter, BMKG: Tsunami Mulai Terjang NTT

Meski demikian, BMKG meminta agar masyarakat yang kembali ke rumah untuk memeriksa kondisi bangunannya terlebih dahulu. Sebab, dampak gempa besar itu perpotensi merusak rumah.

"Kami terus monitor aktivitas gempa susulan yang cenderung melemah kekuatannya dan paling kuat magnitudo 5,6," ucapnya.

Baca Juga
BMKG: Gempa Dahsyat M 7,4 Guncang NTT, Ada Peringatan Tsunami

Guncangan gempa magnitudo 7,4 dirasakan juga masyarakat di Kota Makassar dan Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Menurut informasi BPBD Kabupaten Selayar, terdapat kerusakan gedung sekolah namun pihak BPBD masih melakukan pendataan di lokasi terdampak.

BMKG menyatakan, berdasarkan pengamatan muka air laut dari Badan Informasi Geospasial (BIG), tsunami minor terdeteksi di Marapokot dan Reo dengan ketinggian 7 cm.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait