Misteri Duit Rp16 Triliun Akidi Tio di Singapura dan Proyek Istana Presiden

  • Arry
  • 4 Agt 2021 11:13
Akidi Tio Sumbang Rp2 triliun (istimewa/istimewa)

Donasi Akidi Tio sebesar Rp2 triliun untuk pandemi Covid-19 sampai saat ini tak kunjung cair. Bahkan, ditemukan fakta uang Akidi Tio tidak sampai Rp2 triliun di bank.

Duit Rp2 triliun itu disebut bakal cair pada Senin (2/8). Menyusul beredarnya foto giro bilyet Bank Mandiri yang diteken Heryanti.

Giro itu ditujukan kepada rekening Heni Kresnowati. Nama yang terakhir disebut-sebut adalah bendahara Polda Sumsel. Artinya, dana itu akan diterima institusi resmi Polda.

Tak kunjung cair, polisi pun bergerak menelusuri ke Bank Mandiri. "Kita mendapatkan klarifikasi dari pihak bank, bahwa saldo yang ada di rekening tersebut saldonya tidak cukup. Jadi di rekening giro tersebut tidak cukup saldonya," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumsel, Komisaris Besar Supriadi, di Palembang, Selasa, 3 Agustus 2021.

Supriadi menyatakan, sejauh ini duit sumbangan dari keluarga pengusaha untuk penanganan covid-19 itu sejauh ini belum bisa dipastikan keberadaannya.

Urusan Rp2 triliun belum usai, kini muncul pengakuan dari Heryanti, putri mendiang Akidi Tio, yang mengaku memiliki uang Rp16 triliun di Singapura. Uang itu adalah peninggalan ayahnya.

Baca Juga: Donasi Akidi Tio, Duit Tak Sampai Rp2 Triliun dan Uang di Bank Dicurigai PPATK

Begitu penjelasan dari Dahlan Iskan. Jurnalis senior yang juga mantan Menteri BUMN itu mengaku mendapat informasi Heryanti memiliki Rp16 triliun. Uang disimpan di Singapura.

"Bahkan anak Aki [panggilan Akidi Tio], seperti diceritakan seorang dokter kepada "orang saya" di Palembang, tabungan itu tidak hanya Rp2 triliun. Berapa? Tariklah nafas dulu, Rp16 triliun," kata Dahlan dalam tulisan "Menunggu 2 T" yang diunggah di blognya, disway.id.

Namun, Dahlan Iskan tidak percaya soal angka Rp16 triliun itu. Karena, uang itu disebut terkait tagih menagih utang.

"Sang anak ditagih. Yang menagih seorang dokter. Nilai tagihan Rp 3 miliar. Yang ditagih mundur terus. Sambil mengatakan ada uang di Singapura Rp16 triliun," kata Dahlan.

Menurut Dahlan, uang Rp3 miliar itu akan digunakan untuk mengurus warisan Rp16 triliun agar segera cair.

Dahlan Iskan sendiri menyebut Akidi Tio memiliki dana Rp16 triliun dari sumber informasinya, Si Cantik. Dahlan menamakan temannya itu dengan sebutan Si Cantik.

Akan tetapi, Dahlan memang menyayangkan bagaimana temannya 'Si Cantik' itu tidak ikut sampai mengecek dokumen yang dia urus bersama Heryanti saat melakukan penelusuran dana itu ke Singapura.

"Masalahnya memang sayangnya teman saya ini, dia tidak ngecek, walau dia sempat ikut ke Singapura, dia enggak ngecek soal legalnya seberapa kuat, dokumennya. Karena dia perempuan, agak jauh dari dunia hukum, dan dia enggak sangka seperti itu," katanya.

Selanjutnya: Dilaporkan ke Polisi Penipuan Proyek Istana Presiden>>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait