PPATK Pastikan Bilyet Rp2 Triliun Donasi Akidi Tio Bodong

  • Arry
  • 5 Agt 2021 09:35
Bilyet Rp 2 triliun dari anak Akidi Tio(istimewa/istimewa)

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK memastikan bilyet giro Rp2 triliun milik keluarga Akidi Tio bodong alias tidak ada uangnya.

"Kami sudah melakukan analisis dan pemeriksaan, dan dapat disimpulkan kalau uang yang disebut dalam Bilyet Giro itu tidak ada. Hampir bisa dipastikan ini bodong," kata Kepala PPATK, Dian Ediana Rae, di Jakarta, Kamis, 5 Agustus 2021.

Dian menjelaskan, hasil analisa PPATK itu akan diserahkan ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Sumatera Selatan Irjen Eko Indra Heri. "Detailnya transaksi akan kami sampaikan ke Kapolri dan Kapolda," jelas dia.

Baca Juga: Bilyet Rp2 Triliun Akidi Tio Asli Atau Palsu? Begini Bilyet Giro Versi BI

Dian menjelaskan bahwa Bilyet Giro merupakan bentuk instrumen pengalihan dana yang dapat dipakai untuk mencairkan uang bantuan tersebut.

Transaksi keuangan bernilai Rp2 triliun bisa dilakukan dengan cepat apabila memang uang tersebut ada. Akan tetapi, sejauh ini belum ada kepastian. Terlebih, menurut PPATK, keluarga Akidi Tio pun tak ada yang memiliki uang sebesar itu.

"Yang penting apakah betul-betul di-backup oleh uang sejumlah yang memang ditulis di situ sebanyak Rp2 triliun," ucapnya.

Baca Juga: Polisi Sebut Putri Akidi Tio Pernah Dilaporkan Kasus Penipuan Proyek Istana Negara

Polemik bermula ketika keluarga Akidi Tio ingin menyumbang Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19. Secara seremonial, sumbangan diberikan ke Polda Sumsel pada 26 Juli lalu.

Akan tetapi, sumbangan itu tak kunjung cair. Kepolisian lantas memanggil sejumlah anggota keluarga mendiang Akidi Tio yang pernah menjanjikan uang bantuan tersebut.

Anak bungsu Akidi, Heriyanty dijemput polisi untuk diperiksa pada Senin (2/8) dan Selasa (3/8). Saat ini, Heriyanti berstatus wajib lapor.


Baca Juga:
Misteri Duit Rp16 Triliun Akidi Tio di Singapura dan Proyek Istana Presiden
Bikin Pusing, Dahlan Iskan Ungkap Siapa Akidi Tio yang Beri Sumbangan Covid 2 T
PPKM Level 4 'Paksa' iBox Jualan iPhone 12 di Pinggir Jalan Pakai Vespa
Kisah Raket Kayu dengan Senar Pancing Milik Apriyani Rahayu Sang Juara Olimpiade
Populer Saat Pandemi Covid-19, Apa Itu Herbal Qusthul Hindi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait