BMKG Ungkap Penyebab Gempa Banten 6,7 Skala Richter yang Mengguncang Hingga Jakarta

  • Arry
  • 14 Jan 2022 18:38
Gempa Banten berkekuatan 6,7 skala Richter terasa hingga Jakarta(ist/ist)

Gempa berkekuatan 6,7 skala Richter atau magnitudo 6,6 mengguncang wilayah barat daya Banten. Gempa kuat ini terasa hingga Jakarta.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, Dwikora Karnawati, mengungkapkan penyebab gempa besar ini.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal," kata Dwikorita dalam jumpa pers virtual BMKG, Jumat, 14 Januari 2022.

Dwikora menjelaskan, pusat gempa kali ini berada di 132 km arah barat daya dari Kota Pandeglang, di kedalaman 40 km.

Baca Juga
Jakarta Digoyang Gempa

Menurutnya, gempa terjadi karena lempeng Samudera Indo-Australia bertabrakan dengan Lempeng Benua Eurasia. "Akibat aktivitas subduksi Lempeng Samudera Indo-Australia menunjam ke bawah Lempeng Benua Eurasia, atau tempatnya ke bawah Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara," kata Dwikorita.

Hasil analisis mekanisme pergerakan lempeng bumi yang dilakukan BMKG, pergerakan tersebut memiliki mekanisme naik. Sehingga terjadilah gempa. Gempa yang terasa hingga Jakarta termasuk gempa tektonik.

Sementara itu Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan gempa terjadi karena sumber sesar naik dan megathrust Selat Sunda.

Baca Juga
VIDEO: Kepanikan Warga Saat Gempa 6,7 Skala Richter Guncang Hingga Jakarta

"Mekanisme sumber sesar naik (thrusting) berasosiasi dengan sumber gempa megathrust Selat Sunda," jelas Daryono dalam keterangan tertulisnya.

Gempa terjadi pukul 16.05.41 WIB. Episenternya ada di 7,21 derajat Lintang Selatan atau 105,05 derajat Bujur Timur, di laut.

Selain di Jakarta, gempa ini juga dirasakan kuat di wilayah seperti Bekasi hingga Depok, Jawa Barat.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait