Presiden Jokowi Minta Ainun Najib Pulang ke Indonesia, Siapa Dia?

  • Arry
  • 2 Feb 2022 13:46
Pemuda Nahdlatul Ulama, Ainun Najib(nu online/nu.or.id)

Nama Ainun Najib tiba-tiba menjadi sorotan usai Presiden Joko Widodo meminta pemuda Nahdlatul Ulama itu pulang ke Indonesia. Presiden meminta Ainun memberikan kontribusi bagi teknologi Tanah Air.

Permintaan itu disampaikan Presiden Jokowi saat berpidato di acara pengukuhan Pengurus Besar dan Hari Lahir ke-96 NU di Balikpapan pada Senin 31 Januari 2022.

"Saya kenal satu orang, yang lain masih banyak lagi, beliau ini kerja di Singapura, sudah lama. Setahun lalu saya kenal, ngerjain ini semuanya, apa pun bisa. Masih muda sekali, namanya Mas Ainun Najib, NU," kata Jokowi dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden RI.

"Tapi di sana gajinya sangat tinggi sekali, jadi kalau diajak ke sini harus bisa menggaji yang lebih gede dari Singapura. Ini tugasnya nanti Pak Kiai, kalau beliau yang ngendiko, digaji berapa pun, bismillah pasti mau," ujarnya.

Siapa Ainun Najib?

Dilansir dari laman NU, Ainun Najib lahir di Gresik, Jawa Timur, 20 Oktober 1985. Ainun Najib adalah sosok di balik lahirnya gerakan Kawal Covid-19 dan meluncurkan kawalcovid19.id. Dia juga menjadi sosok di balik situs kawalpemilu.org pada 2014.

Ainun merupakan lulusan Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Islamiyah Ganggang, Balongpanggang, Gresik. Dia juga mengasah pendidikan agamanya dengan berguru pada ayahnya, H Abdul Rozaq, yang merupakan alumnus Pondok Pesantren Qomaruddin, Sampurnan, Bungah, Gresik.

Bakat Ainun di bidang sains dan teknologi terasah saat masuk SMUN 5 Surabaya. Saat itu Ainun bahkan masuk dalam anggota tim Olimpiade Informatika Asia Pasifik 2003. Dalam olimpiade itu Ainun meraih penghargaan honorable mention.

Lulus SMA, Ainun melanjutkan kuliah di Universitas Teknologi Nanyang (NTU), Singapura. Dia mengambil jurusan computer engineering. Saat kuliah Ainun sempat bergabung mewakili NTU dalam perlombaan pemrograman ACM ICPC tahun 2006-2007 bersama dua mahasiswa Indonesia lainnya.

Tim ini pun berhasil menyabet juara ACM ICPC level regional Asia di Teheran, Iran (2006), dan ikut bertanding di level dunia di Tokyo, Jepang (2007).

Lulus kuliah, Ainun kemudian bergabung dengan IBM Singapura. Di perusahaan itu Ainun mengurusi software engineer, dan setelah itu menjabat sebagai konsultan senior.

Apakah Ainun akan memenuhi permintaan Presiden Jokowi untuk kembali ke Indonesia? Ainun pun mengunggah pernyataannya di akun Twitternya.

"What a bizarre day. alhamdulillah bersyukur tidak menyangka, recognized & mentioned by name, oleh Presiden @jokowi di forum mulia pengukuhan pengurus @nahdlatululama, semoga yg terbaik, selamat dunia akhirat bermanfaat bagi umat," cuit Ainun.

"Agar sempurna ditutup dgn indomie soto ayam," tulis Ainun yang mengunggah foto soto ayam di akun Twitternya.

Komentar Ainun Najib yang diminta Presiden Jokowi pulang ke Indonesia

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait