Geser Susi Air di Hanggar Bandara Malinau, Bos Maskapai Buka Kontrak Smart Aviation

  • Arry
  • 3 Feb 2022 18:11
Smart Aviation, maskapai pengganti Susi Air di hanggar Bandara Malinau, Kalimantan Utara(smartaviation/smartaviation.co.id)

Maskapai Smart Aviation menggantikan Susi Air menghuni hanggar Bandara Malinau, Kalimantan Utara. Maskapai yang bernaung dalam PT Smart Cakrawala Aviation itu akan menjadi penghuni di hanggar itu selama satu tahun.

Direktur PT Smart Cakrawala Aviation, Winarno, menjelaskan asal usul maskapai Smart Aviation mendapatkan kontrak sewa hanggar Bandara Malinau, Kaltara.

"Desember 2021 kami mengajukan proposal dan disetujui," kata Winarno saat berbincang dengan Newscast.id, Kamis, 3 Februari 2022.

Baca Juga
Ini Dia Maskapai Pengganti Susi Air di Hanggar Bandara Malinau, Simak Profilnya

Winarno menjelaskan, dalam proposal itu dia mengajukan sejumlah klausul agar maskapainya mendapatkan hak sewa di hanggar.

"Di proposal ada kebijakan untuk merekrut tenaga kerja dari sekitar dan membuat pelatihan. Dan mungkin harganya juga lebih baik," kata Winarno.

Berapa nilai kontraknya? "Sekitar Rp400-an juta. Sewa per tahun," ungkapnya.

Baca Juga
VIDEO: Detik-detik Susi Air Dikeluarkan Paksa Satpol PP dari Hanggar Bandara Malinau

Winarno mengaku tidak mengetahui kenapa Pemkab Malinau memilih maskapainya. "Saya tidak tahu kenapa diberikan. Karena yang menetapkan adalah Pemda," ujarnya.

Winarno menyatakan, maskapai Smart Aviation akan melayani rute penerbangan perintis dari dan ke Malinau. "Seperti ke Tarakan dan sejumlah daerah di sekitar Malinau," ujar Winarno yang menyatakan memiliki armada pesawat sebanyak 13 unit.

Menurut Winarno maskapainya seharusnya sudah menempati hanggar tersebut pada 1 Januari 2022. "Seharusnya, kami bisa menggunakan 1 Januari 2022 sih," ujarnya.

Baca Juga
Kronologi Pengusiran Susi Air dari Hanggar Bandara Malinau


Profil Smart Aviation

Berdasarkan laman resmi, PT Smart Cakrawala Aviation merupakan perusahaan jasa angkutan udara niaga tidak berjadwal. Perusahaan berdiri pada akhir 2016 dan berkantor pusat di Jakarta.

PT Smart Cakrawala Aviation dengan brand bernama Smart Aviation memiliki dan mengoperasikan 13 unit pesawatCessna Caravan 208 atau 208B, satu helikopter Airbus H 130 T2 dan dua pesawat Pilatus PC-6 Porter.

Maskapaijuga memiliki dan mengoperasikan bandara pribadi di Singkawang Kalimantan Barat. Smart Aviation juga telah menambah armada 3 Pilatus PC6 Porter pada tahun 2022, 4 Cessna Caravan 208B dan berencana untuk membeli satu mesin kembar Cessna 408 SkyCourier.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait