Yahya Muhaimin, Menteri Pendidikan Era Gus Dur, Meninggal Dunia

  • Arry
  • 9 Feb 2022 16:47
Yahya Muhaimin, Menteri Pendidikan era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meninggal dunia(humas/muhammadiyah)

Menteri Pendidikan era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yahya Muhaimin, meninggal dunia. Yahya Muhaimin meninggal dunia pada Rabu, 9 Februari 2022, pukul 10.30 WIB di Rumah Sakit Geriatri, Purwokerto, Jawa Tengah.

Kabar duka ini pertama kali beredar di grup WhatsApp.

Assalamualaikum. Wr. Wb.
Innalilahi wa innailaihi rojiuun.
Kabar duka. Telah wafat pak de kami. Bapak Prof. H. Yahya A. Muhaimin
Rektor Universitas Peradaban / mantan menteri pendidikan era Gus Dur. Hari Rabu 9 Februari 2022 jam 10.15 di Purwokerto.
Rencana pemakaman sore ini di Pengempon.

Mohon maaf dan doa.
Billahi taufik wal hidayah
Waalaikumsalam Wr. Wb.

Pesan tersebut dibenarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, telah meninggal dunia Bapak Yahya Muhaimin, Rabu, 9 Februari 2022, Pukul 10.30 WIB di RS Geriyatri Purwokerto. Mohon doanya untuk almarhum semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT, rumah duka di Dukuhturi, Bumiayu, Brebes," kata Sekjen Kemendikbudristek, Suharti, Rabu, 9 Februari 2022.

Duka cita ini juga disampaikan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

"Saya dan keluarga besar Partai Amanat Nasional begitu berduka atas berpulangnya Prof Dr Yahya Muhaimin. Tokoh Muhammadiyah, Menteri Pendidikan Nasional RI periode 1999-2001," kata Zulkifli Hasan.

"Pak Yahya adalah orang tua, senior, keluarga dekat PAN, yang sering memberikan nasihat dan inspirasi untuk kami. Kepergian beliau merupakan kehilangan yang meninggalkan kesedihan bagi kami semua," ujarnya.

"Akhir tahun lalu saya sempat menjenguk beliau di Bumiayu. Dalam pertemuan yang singkat itu, Pak Yahya masih sangat bersemangat membicarakan persoalan-persoalan bangsa dan negara, terutama amanat konstitusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya.

"Meskipun sedang sakit dan sudah sulit berjalan, Pak Yahya tetap bisa memberi saya dan rombongan waktu itu semangat untuk terus berjuang," ujarnya.

"Sekali lagi, keluarga besar PAN berduka ditinggalkan tokohnya. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa beliau, menerangi, dan melapangkan kuburnya, menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya," ujar Zulhas.

Yahya Muhaimin menjabat Menteri Pendidikan pada periode 29 Oktober 1999 - 23 Juli 2001. Rohimahullah juga dikenal sebagai akademisi sebagai Dosen Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM.

Selain itu, Yahya Muhaimin juga menjadi pengelola program S2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM (1982-1984), Kepala Pusat Studi Keamanan & Perdamaian UGM (1996-1999), dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Washington DC.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait