Perajin Tahu-Tempe Mogok Produksi Gegara Harga Kedelai Mahal, Menteri Salahkan Babi

  • Arry
  • 21 Feb 2022 11:27
Penjual tahu tempe di pasar tradisional(Devi Puspita Amartha Yahya/unsplash)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, menyatakan saat ini ada masalah di negara importir kedelai, terutama China. Sebab, negara Tirai Bambu itu sedang membutuhkan kedelai dengan jumlah sangat banyak untuk pakan babi.

“Di China itu awalnya peternakan babi yang tadinya tak makan kedelai. Sekarang makan kedelai yang jumlahnya lima miliar ekor”, kata Mendag Lutfi, dikutip dari laman Antara, 19 Februari 2022.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abdi, buka suara. Menurutnya, Mendag Lutfi tidak seharusnya menyalahkan negara importir.

“Kok jadi China dengan babinya yang dijadikan kambing hitam? Aneh, mestinya mawas diri dan evaluasi dong, kenapa kita masih menjadi importir abadi kedelai”, ujar Tulus Abdi.

Tulus menyatakan, kedelai saat ini menjadi bahan baku pembuatan makanan di Indonesia. Namun, untuk mencukupi kebutuhannya masih mengandalkan impor sebesar 90 persen.

“Ini musabab utamanya, jangan lempar tanggung jawab dong. Mana daulat kedelai, mana daulat pangan? Buktikan janjinya,” tegasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait