Pesawat Terbesar di Dunia Mriya Antonov-225 Milik Ukraina Dihancurkan Rusia

  • Arry
  • 1 Mar 2022 10:44
Pesawat terbesar di dunia Mriya Antonov-225 milik Ukraina dihancurkan Rusia(Jack Greaz/afp)

Pesawat terbesar di dunia yakni kargo Antonov-225 milik Ukraina dihancurkan pasukan militer Rusia di luar ibu kota Kiev pada Minggu, 27 Februari 2022 waktu setempat. Pesawat itu dihancurkan saat tengah diparkir di Bandara Antonov di Gostomel.

“Rusia menghancurkan kapal utama penerbangan Ukraina, AN-225 di bandara Antonov di Gostomel dekat Kyiv,” kata grup Ukroboronprom dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Sciencealert, Selasa 1 Maret 2022.

Pesawat itu memiliki panjang 84 meter dan dapat mengangkut hingga 250 metrik ton kargo. Pesawat memiliki kecepatan hingga 850 kilometer per jam. Pesawat tersebut diberi nama Mriya, yang berarti mimpi dalam bahasa Ukraina.

"Ini adalah pesawat terbesar di dunia, AN-225 Mriya,” kata Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, melalui akun Twitternya.

“Rusia mungkin telah menghancurkan Mriya kita. Tapi mereka tidak akan pernah bisa menghancurkan impian kita tentang negara Eropa yang kuat, bebas, demokratis. Kita akan menang!” ujarnya.

Hancurnya Antonov-225 itu terpantau pula dari citra satelit dari Maxar Technologies, yang berkantor di Amerika Serikat (AS). Dalam citra satelit itu menunjukkan kerusakan signifikan pada hanggar pesawat yang menjadi tempat parkir Mriya.

Untuk diketahui, Bandara Gostomel adalah lokasi pertempuran sejak Rusia menginvansi Ukraina pada 24 Februari. Selama pertempuran, Rusia menyatakan berupaya merebut infrastruktur strategis milik Ukraina.

Ukroboronprom memperkirakan, biaya memperbaiki pesawat kargo Antonov-255 akan menghabiskan sekitar US$3 miliar atau sekira Rp43,12 triliun dan akan memakan waktu lima tahun.

"Misi kami adalah memastikan biaya ini ditanggung oleh Rusia, yang dengan sengaja memicu kerusakan pada industri penerbangan Ukraina," sebutnya.

Pesawat kargo Mriya Antonov-225 awalnya dibangun sebagai bagian dari proyek aeronautika Soviet. Antonov-225 pertama kali mengudara pada 1988. Pesawat ini merupakan satu-satunya pesawat tersisa sejak jatuhnya Uni Soviet.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait