2 Gempa Magnitudo 6,9 dan 6,0 Guncang Nias, Guncangan Terasa Hingga Padang

  • Arry
  • 14 Mar 2022 06:59
Ilustrasi Gempa Bumi(@psc631798/pixabay.com)

Gempa besar dua kali mengguncang wilayah Nias, Sumatera Utara, Senin, 14 Maret 2022. Dua gempa dengan kekuatan 6,9 dan 6,0 itu terjadi hanya berselang 30 menit saja.

BMKG merilis gempa pertama terjadi pada pukul 04.09 WIB. Gempa berada pada koordinat 0.66 Lintang Selatan dan 98.45 Bujur Timur.

Gempa berada di laut dengan jarak 154 km tenggara Nias Selatan dan berada pada kedalaman 26 kilometer. "Gempa tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG di akun Twitter resminya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan menyebutkan, guncangan dirasakan kuat selama kurang lebih satu menit. Warga telihat sempat panik akibat aktivitas geologi tersebut.

Usai diguncang gempa pertama, terjadi gempa susulan dengan kekuatan magnitudo 6,0. Gempa susulan terjadi 30 menit setelah gempa pertama.

BMKG mencatat kekuatan gempa yang diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) menunjukkan IV MMI di wilayah Nias Selatan, dan III MMI di Padang, Siberut, dan Gunung Sitoli.

Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Nias Selatan masih melakukan asesmen terkait dampak dari kejadian gempa. Proses asesmen sempat terhambat akibat sinyal komunikasi GSM terdekat dengan pusat gempa terkendala.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait