33 Gubernur Diundang Hadiri Ritual Kemah di IKN Nusantara, Disuruh Bawa Air dan Tanah

  • Arry
  • 13 Mar 2022 11:50
Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara Baru yang disebut bakal menggunakan nama Nusantara(ist/ist)

Seluruh Gubernur se-Indonesia diundang menghadiri acara ritual di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada Senin 14 Maret 2022. Acara yang bakal dihadiri Presiden Joko Widodo ini juga akan menggelar kemah bersama.

Kepala Biro Humas Setda Pemprov Kalimantan timur, HM Syafranuddin, menjelaskan, para gubernur yang diundang diminta untuk membawa air dan tanah dari masing-masing daerahnya. Nantinya, air dan tanah itu akan digabung dalam satu kendi khusus bernama Kendi Nusantara.

Menurutnya, Kendi Nusantara yang berisi air dan tanah dari seluruh daerah di Indonesia itu akan disimpan di titik nol IKN Nusantara.

"Kegiatan ritual serta kemah Presiden itu Senin 14 Maret. Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan, Minggu 13 Maret, atau satu hari sebelum kegiatan, dan menginap di Balikpapan dulu," kata Syafranuddin, Minggu, 13 Maret 2022.

Baca Juga
Bukan Ahok, Jokowi Bakal Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Badan Otorita IKN

Syafranuddin mencontohkan, Gubernur Kaltim, Isran noor sudah merencanakan membawa air dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan tanah dari Kabupaten Paser. Hal ini lantaran lokasi IKN Nusantara berada di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara dan sebagian lagi di Kesultanan Paser.

Syafranuddin menjelaskan, dari 33 gubernur yang diundang ke lokasi kemah IKN Nusantara, hanya akan ada lima gubernur yang akan menemani Presiden Jokowi berkemah. Mereka adalah Gubernur Kaltim, Kalbar, Kalsel, Kalteng, dan Gubernur Kaltara.

Baca Juga
Bos Sinarmas Dhony Rahajoe Bakal Dilantik Jokowi Jadi Wakil Kepala IKN Nusantara

"Hanya lima gubernur yang ikut menginap bersama Presiden, berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara," ucap Syafranuddin.

Untuk persiapan kemah Presiden, pihaknya sudah menyiapkan segala fasilitas. Mulai dari MCK, telekomunikasi, listrik, air, dan sebagainya.

"Tenda serta perlengkapan yang akan dipergunakan Presiden menginap juga dipersiapkan. Pada hari pelaksanaan sudah 100 persen dan dapat dipergunakan Presiden dan rombongan," kata Syafranuddin.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait