Ini Dia Logo Halal Baru yang Berbentuk Wayang, Begini Maknanya

  • Arry
  • 13 Mar 2022 05:25
Logo Halal Indonesia(humas/Kementerian Agama)

Kementerian Agama menetapkan label halal terbaru. Logo anyar ini memiliki bentuk seperti gunung, dengan motif surjan pada wayang kulit, dan lancip ke atas.

Penetapan label halal terbaru itu dituangkan dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal. Keputusan ini diteken pada 10 Februari 2022 oleh Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham, dan berlaku mulai 1 Maret 2022.

"Melaksanakan amanat peraturan perundang-undangan khususnya Pasal 37 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, maka BPJPH menetapkan label halal dalam bentuk logo sebagaimana yang secara resmi kita cantumkan dalam Keputusan Kepala BPJPH," kata Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irhamdi Jakarta, Sabtu, 12 Maret 2022.

Aqil menjelaskan, Label Halal Indonesia mengadaptasi nilai-nilai ke-Indonesia-an seperti bentuk gunung, motif surjan pada wayang kulit, dan lancip ke atas.

Bentuk gunung yang lancip tersebut menggambarkan bahwa semakin tinggi ilmu dan semakin tua usia, maka manusia harus semakin mengerucut (golong gilig) manunggaling Jiwa, Rasa, Cipta, Karsa, dan Karya dalam kehidupan, atau semakin dekat dengan Sang Pencipta.

"Bentuk Label Halal Indonesia terdiri atas dua objek, yaitu bentuk Gunungan dan motif surjan atau lurik gunungan pada wayang kulit yang berbentuk limas, lancip ke atas. Ini melambangkan kehidupan manusia," ujar Aqil Irham.

"Bentuk gunungan itu tersusun sedemikian rupa berupa kaligrafi huruf arab yang terdiri atas huruf Ḥa, Lam Alif, dan Lam dalam satu rangkaian sehingga membentuk kata Halal," tambahnya.

Sedangkan motif surjan, kata Aqil, disebut pakaian takwa mengandung makna-makna filosofi di antaranya bagian leher baju surjan memiliki kancing 3 pasang (6 biji kancing) yang semuanya itu menggambarkan Rukun Iman.

"Hal itu sejalan dengan tujuan penyelenggaraan Jaminan Produk Halal di Indonesia untuk menghadirkan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk," imbuh Aqil Irham.

Mengenai warna, Aqil menjelaskan, Label Halal Indonesia menggunakan warna ungu sebagai warna utama label. Sedangkan warna sekundernya menggunakan warna hijau toska.

"Ungu adalah warna utama Label Halal Indonesia. Warna ungu merepresentasikan makna keimanan, kesatuan lahir batin, dan daya imajinasi. Sedangkan warna sekundernya adalah Hijau Toska, yang mewakili makna kebijaksanaan, stabilitas, dan ketenangan," ujarnya.

Sekretaris BPJPH, Muhammad Arfi Hatim, menjelaskan, nantinya pencantuman label Halal Indonesia wajib dilakukan pada kemasan produk, bagian tertentu dari produk, dan atau tempat tertentu pada produk.

"Label Halal Indonesia ini selanjutnya wajib dicantumkan pada kemasan produk, bagian tertentu dari produk, dan atau tempat tertentu pada produk," ujar Arfi.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait