Ditemukan Harta Karun 1,1 Miliar Ton Emas dan Tembaga di Perut Bumi NTB

  • Arry
  • 24 Apr 2022 13:29
Ilustrasi Tambang Emas(@Ricardo Gomez Angel/unsplash)

Sebuah kabar gembira menghebohkan Indonesia. PT Sumbawa Timur Mining mengumumkan menemukan tambang emas dan tembaga yang diklaim memiliki potensi sebesar 1,1 miliar ton.

Tambang emas dan tembaga itu ditemukan di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). PT Sumbawa Timur Mining memperikirakan potensi miliaran ton itu memiliki rincian 0,96 persen Cu (Tembaga) dan 0,58 g/t Au (Emas).

Presiden Direktur Sumbawa Timur Mining Bede Evans mengatakan, temuan potensi sumber daya mineral ini makin memperkuat bahwa sumber daya ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sebuah operasi pertambangan tembaga kelas dunia.

"Perkiraan terbaru ini juga telah memberikan optimisme bagi para pemegang saham STM dan seluruh tim STM, namun dengan tetap menerapkan kehati-hatian sejalan dengan perkembangan Proyek Hu’u untuk memasuki tahapan pengembangan proyek lebih lanjut,” kata Bede Evans dalam keterangan tertulis, Minggu, 24 April 2022.

Untuk diketahui, saham terbesar PT Sumbawa Timur dimiliki Vale SA sebanyak 80 persen melalui Eastern Star Resources Pty Ltd, dan sisanya dimiliki oleh PT Antam Tbk sebesar 20 persen.

PT Sumbawa menegaskan, pengeboran terus dilanjutkan pada 2022 dan seterusnya. Sekaligus untuk menentukan ukuran, luas dan karakteristik potensi sumber daya mineral Onto.

"Utamanya kami berharap bahwa tahapan studi kelayakan yang sedang dilakukan akan menentukan operasi penambangan yang layak secara teknis dan ekonomis serta STM dapat mengembangkannya lebih lanjut.” kata dia.

Direktur Sumbawa Timur Mining, Hashari Kamaruddin, senang dengan proyek Hu'u ini.

“Saya sangat senang dengan kemajuan Proyek Hu'u dan pemutakhiran perkiraan potensi sumber daya mineral yang diumumkan. Hubungan kolaboratif yang kuat antara pemegang saham STM, dukungan solid dari Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat memberi kami keyakinan bahwa Proyek Hu'u memiliki potensi untuk menjadi sebuah operasi pertambangan yang signifikan di Indonesia,” kata dia.

 

Artikel lainnya

Berita Terkait