Polisi: Dokter Lee Ditangkap Bukan Gegara Laporan Kartika Putri

  • Arry
  • 12 Agt 2021 14:43
Dokter Richard Lee(@dr.richard_lee/instagram.com)

Polisi akhirnya buka suara soal penangkapan dokter kecantikan Richard Lee. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, dokter Lee ditangkap bukan gegara laporan dari Kartika Putri melainkan mencoba menghilangkan barang bukti.

"Karena melakukan ilegal akses dan menghilangkan barang bukti," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Kamis, 12 Agustus 2021.

Menurut Yusri, Richard Lee mengakses secara ilegal akun media sosialnya yang telah disita polisi pada 8 Agustus 2021. Sedangkan akun miliknya telah disita sejak 8 Juni 2021.

Baca Juga:
Kronologi Penangkapan Dokter Lee, Istri: Dia Bukan Koruptor!

Tindakan itu, kata Yusri, membuat polisi menangkap Richard Lee. Saat menangkap, ia melawan. Padahal, polisi sudah melakukan penangkapan dengan sesuai prosedur untuk membawa Richard Lee. "Yang bersangkutan sempat tidak mau untuk dibawa penyidik, sehingga ada upaya paksa," kata Yusri.

Yusri menambahkan, penangkapan dokter Lee sudah sesuai standar operasi yang berlaku. Menurut polisi upaya paksa dilakukan karena ada penolakan dari Richard Lee saat ditangkap.

“Bagaimana upaya kekerasan yang disampaikan oleh beberapa ini tidak benar. Kita lakukan (penangkapan) sesuai dengan SOP sesuai mekanismenya yang ada,” ujarnya.

“Kemudian yang bersangkutan sempat tidak mau untuk dibawa penyidik, sehingga ada upaya paksa. Ini yang saya luruskan,” sambung Yusri.

Yusri mengatakan, proses penangkapan Richard Lee diawali dengan surat perintah. Bahkan, pihak kepolisian telah membawa sejumlah bukti untuk menangkap Richard Lee

"Ketentuannya kami penyidik mendatangi, memperlihatkan surat perintah, kemudian membacakan apa yang jadi hak-hak yang bersangkutan," ungkap Yusri.

Video TikTok penangkapan Richard Lee beredar di berbagai akun media sosial gosip. Sebagian besar komentar warganet bernada menghujat selebriti Kartika Putri atas penangkapan itu.

Baca Juga:
Usai Dijemput Paksa Dokter Lee Ditetapkan Jadi Tersangka

Kartika memang pernah melaporkan Richard Lee dengan tuduhan pencemaran nama baik melalui Instagram. Hal ini membuat ponsel dan akun Instagram Richard Lee disita penyidik dengan persetujuan dari pengadilan.

"Timbul kasus baru karena katanya ada oknum yang mengakses akun Instagram yang telah disita oleh polisi atas izin pengadilan," kata advokat Hotman Paris Hutapea tentang kasus Richard Lee.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait