Banjir Rob Terjang Pantai Utara Jawa Tengah

  • Arry
  • 24 Mei 2022 10:37
Banjir Rob terjang sejumlah wilayah di Pantai Utara Jawa Tengah(humas/bnpb)

Banjir rob menerjang pantai utara Jawa Tengah. Akibatnya, sejumlah wilayah tergenang air.

Banjir rob ini dilaporkan menggenangi wilayah Semarang, Demak, Kota Pekalongan, Rembang, hingga Brebes pada Senin, 23 Mei 2022.

Di Semarang, banjir merendam kawasan Kelurahan Bandarharjo, dan Tanjung Mas di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas. Ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Banjir rob di Semarang ini juga diperparah dengan jebolnya tanggul penahan air laut di kawasan Lamacitra. “Penyebab tanggul jebol diakibatkan rob yang besar sehingga tanggul penahan air laut di kawasan Lamicitra tidak mampu menahan air laut yang cukup besar,” kata Kepala Bidang Penanganan Darurat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Dikki, dalam keterangan tertulis dari BNPB.

Dengan jebolnya penahan air laut tersebut, seluruh aktivitas karyawan dan karyawati dipulangkan dari instansi maupun perusahaan, demi mengantisipasi dampak banjir air laut yang masuk ke kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memerintahkan semua anak buahnya menyiapkan posko darurat di wilayah yang diterjang banjir rob.

"Seluruh pantura sekarang lagi kita minta koordinasi untuk standby khususnya yang di kota semarang di demak terus di pati juga ada lalu di pekalongan," kata Ganjar.

"Kita minta untuk memberikan laporan-laporan, jadi yang sampai ke saya langsung saya bagikan dan mereka ditelponi kita minta untuk diturunkan tim ya agar tim rescuenya bisa cepet (dievakuasi)," ujarnya.

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memperkirakan banjir rob di pantai utara Jawa Tengah ini bakal terjadi hingga Rabu 25 Mei 2022.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, menjelaskan, banjir rob ini terjadi akibat adanya fase bulan purnama dan kondisi Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

"Potensi banjir pesisir mulai terjadi sejak tanggal 14 Mei 2022 hingga hari ini tanggal 23 Mei 2022 di beberapa wilayah Indonesia. Potensi banjir pesisir ini dapat terjadi hingga 25 Mei 2022," kata Eko, Selasa, 24 Mei 2022.

"Berdasarkan analisis dan prediksi pasang surut, kondisi banjir pesisir ini dapat berlangsung hingga tanggal 25 Mei 2022 di sebagian utara Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," jelasnya.

 

Baca juga

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait