Hari Ketiga Pencarian Eril, Tim SAR Gunakan Drone Pendeteksi Panas Tubuh

  • Arry
  • 28 Mei 2022 15:28
Anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz(@emmerilkhan/instagram)

Tim SAR Swiss terus melakukan pencarian Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern. Pada pencarian hari ketiga, mereka menggunakan berbagai metode untuk menemukan anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu.

Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, menjelaskan, pada hari ketiga, pencarian dimulai pukul 08.30 waktu setempat atau sekitar pukul 13.30 WIB.

"Hari ini, pencarian dilakukan sejak 8.30 waktu Swiss atau sekitar jam 13.30 WIB hingga selesai, sesuai kondisi cuaca," kata Hadad dalam keterangan daring, Sabtu, 28 Mei 2022.

Baca juga
Putri Ridwan Kamil, Zara Juga Nyaris Terseret Arus Sungai Aare Bersama Eril

Menurutnya, Tim SAR akan menerjunkan 20 personel. Mereka akan menyisir Sungai Aare dalam radius 8 kilometer.

"Lokasi pencarian adalah di area wallensea yang mencakup sepanjang 8 km wilayah Sungai Aare," katanya.

"Pencarian pada hari ketiga ini memakai perahu, drone (pesawat nirawak) yang bisa bermanuver rendah sehingga bisa memantai detail sungai, serta penyelaman," kata Hadad.

Baca juga
Beredar Kabar Eril Sudah Ditemukan, Keluarga dan Kemenlu Beri Jawaban: Belum

"Tentu saja penyelaman dilakukan karena situasi sebab kalau air keruh karena bekas hujan atau salju. Karena Sungai Aare ini datangnya dari air salju yang meleleh sehingga relatif dingin suhunya dan biasanya salju meleleh ada kristal-kristal putih yang kadang membuat warna air keruh sehingga menyulitkan penyelaman," paparnya.

"Tapi pada dasarnya otoritas menyiapkan beberapa macam metode dan available disesuaikan situasi setempat di dalam setiap proses pencarian," lanjutnya.

Muliaman menegaskan, pencarian Eril menjadi prioritas Tim SAR Swiss.

"Tim SAR menegaskan upaya pencarian Saudara Eril merupakan prioritas mereka saat ini. Mereka terus mengupayakan proses pencarian dengan menggunakan berbagai metode yang tersedia," ujarnya.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait