Pantau Pencarian Eril, Ridwan Kamil Diizinkan di Luar Negeri Hingga 4 Juni

  • Arry
  • 31 Mei 2022 08:47
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil(humas/pemprov jawa barat)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diizinkan memperpanjang dinas ke luar negeri dalam rangka mencari Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang sejak 26 Mei 2022. Perpanjangan berlaku hingga 4 Juni 2022.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja. Menurutnya, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengizinkan Ridwan Kamil berada di luar negeri dari 29 Mei sampai 4 Juni 2022.

"Pemprov Jawa Barat mengambil inisiatif, khususnya untuk tanggal 29 Mei sampai 4 Juni 2022, untuk meminta izin kepada Mendagri… dan alhamdulillah tanggal 28 Mei lalu Mendagri memberikan surat izin terkait surat izin ke luar dengan alasan penting," kata Setiawan saat menyampaikan keterangan pers, Senin 30 Mei 2022.

Baca juga
Unggah Foto Cium Eril, Atalia Kamil: Mohon Keikhlasannya

Setiawan menjelaskan, sebelumnya, Ridwan Kamil berdinas ke luar negeri dari 21-28 Mei 2022. Saat itu, Emil melakukan kunjungan dinas ke Italia pada 21-23 Mei 2022. Kemudian ke Inggris pada 24-26 Mei 2022, dan terakhir ke Swiss pada 27-28 Mei.

"Saya akan cerita, kurun waktu tanggal 21 Mei 2022 sampai yang saya ceritakan tadi posisinya perjalanan dinas luar negeri. Di Italia ikut The Assisi and Roma Roundtable 2022 di Assisi," kata Setiawan.

Baca juga
Pencarian Eril Hari ke-4 Dihentikan, Tim SAR Terkendala Faktor Alam

"Lalu yang kedua di Inggris. Di sana tentang pengembangan sumber daya manusia atau SDM yang menjadikan Jabar unggul dalam pengembangan SDM. Selain diskusi-diskusi dengan universitas juga dijalankan oleh gubernur," ujarnya.

Sementara di Swiss, Emil sudah direncanakan meninjau upaya pengelolaan sampah.

Kabar hilangnya Eril pertama kali diungkapkan Elpi Nazmuzaman, perwakilan keluarga Emil, pada Jumat 27 Mei. Menurutnya, peristiwa itu terjadi di saat Eril tengah mencari sekolah di Swiss untuk jenjang S2.

"Bahwa benar anak pertama kakak kami, Ridwan Kamil, yang bernama Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril mengalami musibah di Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss," kata Elpi.

"Kronologisnya Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya," jelasnya.


Selanjutnya Ridwan Kamil ajukan perpanjangan cuti >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait