Bocoran Reshuffle: Zulhas Jadi Mendag, Hadi Tjahjanto Menteri ATR, Wamen Diisi PSI

  • Arry
  • 15 Jun 2022 12:10
Presiden Joko Widodo atau Jokowi(humas/bpmi setpres)

Presiden Joko Widodo segera mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu, 15 Juni 2022 siang. Ada tiga sosok baru yang akan masuk dalam gerbong Kabinet Indonesia Maju.

Informasi yang berkembang, nama-nama baru yang bakal mengisi jabatan menteri adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, dan politisi PSI Raja Juli Antoni.

Zulkifli Hasan disebut bakal menjadi Menteri Perdagangan. Zulhas menggantikan posisi Muhammad Lutfi. Lutfi juga sudah dipanggil Presiden Jokowi pada Selasa, 14 Juni.

Sebelum menjabat Menteri Perdagangan, Zulhas menjabat sebagai Ketua MPR periode 2014-2019 hingga Menteri Kehutanan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca juga
Reshuffle: Ketum PAN, Eks Panglima TNI, Kader PSI Masuk Kabinet? Siapa Tergusur?

Sementara itu, Hadi Tjahjanto mengisi kursi Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional. Dia akan menggantikan posisi Sofyan Djalil.

Sedangkan Raja Juli Antoni akan menjadi wakilnya Hadi Tjahjanto. Sekretaris Dewan Pertimbangan DPP PSI itu menggantikan posisi Surya Tjandra.

Meski demikian, putusan final ada di tangan Presiden Jokowi. Soal reshuffle ini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan, perombakan kabinet adalah kewenangan prerogatif Presiden Jokowi.

Baca juga
Reshuffle Kabinet Rabu 15 Juni: Prabowo Hingga Mantan Panglima Dipanggil Jokowi

"Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," kata Pramono di Jakarta, Selasa, 14 Juni 2022.

"Ya yang jelas Presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi... beliau sangat tahulah," ujarnya.

Selain pengisian posisi menteri, reshuffle kali ini juga disebut bakal menambah personel di kabinet. Yakni mengisi kursi wakil menteri.

Saat ini ada 10 posisi wamen yang masih belum dihuni. Yakni Wakil Menteri Sosial, Wakil Menteri ESDM, Wakil Menteri Investasi, Wakil Menteri PPN-Wakil Kepala Bappenas, Wakil MenPAN-RB, Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Wakil Menteri Koperasi dan UKM, Wakil Menteri Perindustrian, Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Wakil Menteri Dalam Negeri.

 

Artikel lainnya

 

 

Berita Terkait