Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Rangking 1 Terburuk di Dunia

  • Arry
  • 20 Jun 2022 09:58
Kota Jakarta(Sopan Sopian/pixabay)

Kualitas udara di Jakarta menempati rangking 1 terburuk di dunia pada Senin, 20 Juni 2022, pagi. Berdasarkan indeks kualitas udara, kualitas udara di Jakarta berada di angka 175 per pukul 09.00 WIB.

"Konsentrasi PM2.5 di udara Jakarta saat ini 20.4 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," tulis keterangan di situs IQAir.

Indeks kualitas udara di dunia versi IQAir

Wilayah dengan kualitas udara terburuk berada di Rawa Buaya dengan indeks 211. Kemudian di Pesing dengan indeks 186, Kemayoran 183, Hayam Wuruk 181, dan Jalan Pasir Putih II dengan indeks 180.

Baca juga
Kualitas Udara Jakarta Kini Jadi Salah Satu yang Terburuk di Dunia, Ini Penyebabnya

Sementara berdasarkan aplikasi JAKI milik Pemprov DKI Jakarta, sejumlah wilayah memiliki indeks kualitas udara tidak sehat.

Berdasarkan catatan di aplikasi JAKI, kualitas udara di Jakarta Timur menjadi yang terburuk yakni dengan angka 131. Kemudian di Jakarta Pusat 110, Jakarta Selatan, 109, dan Jakarta Barat 105.

BMKG sebelumnya menjelaskan, buruknya kualitas udara di Jakarta dipengaruhi beberapa sumber. Seperti sumber lokal seperti transportasi dan residensial, ataupun dari sumber regional dari kawasan industri.

Selain itu, pergerakan angin juga membuat polutan bergeser dari sumber emisi ke lokasi lain.

"Pola angin lapisan permukaan memperlihatkan pergerakan massa udara dari arah timur dan timur laut yang menuju Jakarta, dan memberikan dampak terhadap akumulasi konsentrasi PM2.5 di wilayah ini," kata Plt Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait