Bola Buatan Madiun Akan Dipakai Untuk Piala Dunia 2022 Qatar

  • Arry
  • 19 Jun 2022 15:52
Bola untuk Piala Dunia 2022 di Qatar buatan Madiun, Jawa Timur(ist/ist)

Piala Dunia 2022 bakal digelar di Qatar pada November hingga Desember 2022. Turnamen sepak bola terbesar sejagad itu dipastikan akan menggunakan bola buatan perajin dari Madiun, Jawa Timur.

Hal tersebut terungkap saat Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melepas ekspor 50 ribu bola buatan PT Global Way ke Inggris. Perusahaan itu berlokasi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

"Ternyata bola yang akan digunakan dalam FIFA World Cup tahun 2022 di Qatar adalah dari Madiun, dan saat ini yang dikirim antara lain untuk United Kingdom (UK). Kita bahagia dan bangga bola yang digunakan di ajang dunia itu di-support dari Madiun Jawa Timur," kata Gubernur Khofifah, Minggu, 19 Juni 2022.

"Melalui produksi ini, bola yang akan digunakan untuk ajang olahraga internasional piala dunia di Qatar merupakan buatan tangan warga Kabupaten Madiun," katanya.

General Manager PT Global Way, Jeftha Sunardi Wibowo menyatakan perusahaannya merupakan produsen bola yang bermitra dengan salah satu brand olahraga ternama di dunia. Dia menyebut, perusahaannya mendapat jatah memproduksi 1 juta bola.

"Produksi kita adalah 100 persen orientasi untuk ekspor. Untuk produksi kita ada dua lokasi yakni di Indonesia dan juga di China, tapi yang terbesar sekitar 60-70 persen adalah di Madiun ini," kata dia.

Jeftha menjelaskan, perusahaannya juga kerap mengekspor bola ke sejumlah negara. Seperti Brasil, Amerika Serikat, hingga Jerman. Khusus Piala Dunia, pihaknya mengirim 1 juya bola.


Daftar peserta Piala Dunia

Sebanyak 32 negara bakal berpartisipasi di Piala Dunia 2022 di Qatar. Negara terakhir yang meraih tiket ke Qatar adalah Kosta Rika.

Dari benua Eropa, ada 13 negara yang bakal tampil di Qatar. Mereka adalah Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Kroasia, Spanyol, Serbia, Inggris, Swiss, Belanda, Portugal, Polandia, Wales.

Sementara Amerika Selatan mengirikan empat wakil yakni Brasil, Argentina, Ekuador, Uruguay.Untuk Amerika Utara ada empat negara yakni Kanada, Meksiko, Amerika Serikat, Kosta Rika.

Sedangkan Benua Afrika mengirimkan lima negara yakni Ghana, Senegal, Tunisia, Maroko, Kamerun. Dan Benua Asia mengirimkan enam negara yakni Qatar, Iran, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Australia.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait