Wisata Monas Kembali Dibuka: Catat Ini Aturan, Syarat, dan Jam Kunjungan Terbaru

  • Arry
  • 19 Jun 2022 09:29
Monas(@uray_z/unsplash)

Pemprov DKI Jakarta kembali membuka kawasan wisata Monumen Nasional alias Monas. Saat ini pembukaan dilakukan secara bertahap. Mulai dari kawasan sekitar tugu Monas hingga nantinya pengunjung boleh naik ke tugu.

Pembukaan Monas sudah mulai dilakukan pada Kamis, 16 Juni 2022. Saat ini belum semua area kawasan Monas bisa dikunjungi. Pengunjung baru bisa mendatangi area sekitar tugu Monas saja. Sementara area museum dan tugu belum dibuka.

Bagaimana aturan terbaru mengunjungi Monas? Berikut syaratnya:

Jam operasional Monas

Selama masa ujicoba ini, kawasan Monas akan dibuka mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya. Tidak ada pembatasan jumlah pengunjung yang hendak datang.


Cara masuk kawasan Monas

Saat ini, pintu masuk dan keluar Monas hanya melalui gerbang Lenggang yang berada di Parkiran IRTI.

Bagi pengunjung yang naik kendaraan umum, bisa mengakses dengan kereta api. Stasiun terdekat dengan Monas adalah Stasiun Gondangdia dan Stasiun Juanda. Setelah dari stasiun, bisa menggunakan jasa transportasi online.

Selain itu pengunjung bisa datang dengan menaiki bus TransJakarta 1P. Bagi calon pengujung bisa turun langsung di Halte IRTI.


Prosedur masuk Monas

Sebelum masuk Monas, pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari akses PeduliLindungi hingga pengukuran suhu tubuh.

Bagi pengunjung yang vaksinnya belum lengkap, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan gerai vaksin untuk memberikan vaksinasi bagi pengunjung sebelum masuk.


Berikut syarat lengkap masuk kawasan Monas:

  1. Pengunjung hanya boleh mengunjungi wilayah taman atau luar tugu Monas. Layanan masuk dan naik ke tugu Monas belum diperbolehkan bagi umum.
  2. Jam operasional Monas mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.
  3. Akses keluar masuk melalui gerbang Lenggang di kawasan Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI).
  4. Setiap masuk ke kawasan Monas wajib melakukan cek suhu tubuh oleh petugas dan punya akun PeduliLindungi.
  5. Bagi pengunjung yang ingin masuk ke kawasan Monas tetapi belum vaksinasi, disediakan gerai vaksin yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jakarta di dekat pintu masuk.


Artikel lainnya

 

Berita Terkait