Beli Minyak Goreng Kini Harus Pakai Aplikasi PeduliLindungi, Begini Cara Pakainya

  • Arry
  • 26 Jun 2022 10:16
Minyak Goreng Curah(ist/ist)

Pemerintah akan mulai menerapkan pembelian minyak goreng curah rakyat atau MGCR dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Rencananya, sosialisasi kebijakan ini dimulai pada Senin, 27 Juni 2022. Sosialisasi berlangsung dua pekan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan pembelian minyak goreng lewat PeduliLindungi akan memudahkan pengawasan distribusi dan memastikan ketersediaan migor.

Bagaimana caranya membeli minyak goreng lewat aplikasi PeduliLindungi?

Mengutip panduan membeli minyak goreng curah Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, ada tiga langkah yang harus dilakukan untuk membeli minyak goreng dengan aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga
Mulai Senin 27 Juni, Beli Minyak Goreng Harus Pakai PeduliLindungi

Pertama, datangi toko yang menjual minyak goreng curah. Daftar toko yang menjual minyak goreng curah rakyat bisa dilihat di laman minyak-goreng.id.

Kedua, setiba di toko, scan QR Code yang ada di aplikasi PeduliLindungi. Ketiga, perlihatkan hasil scan QR Code di aplikasi PeduliLindungi ke penjual.

Jika hasil scan berwarna hijau, maka pembeli diperbolehkan membeli minyak goreng curah. Jika berwarna merah, maka tidak bisa membeli minyak goreng curah rakyat.

Jika diperbolehkan membeli minyak goreng, pembeli hanya diperbolehkan membeli maksimal 10 kg per NIK per hari. Harga minyak goreng curah dibanderol dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu Rp 14.000 per liter atau Rp15.500 per kg.

Bagaimana jika tidak punya PeduliLindungi atau tidak ada kuota data di Ponsel pembeli?

Jangan takut. Konsumen masih bisa membeli minyak goreng curah rakyat. Caranya, hanya menyiapkan KTP dan tunjukkan ke pedagang.

Nantinya, penjual akan mencatat nomor induk kependudukan atau NIK pembeli. Setelah dicatat, pembeli akan diperbolehkan membeli minyak goreng curah rakyat. Harganya pun sama dengan yang menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Demikian cara membeli minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait