Mengenal ANBK: Tujuan dan Contoh Soalnya

  • Arry
  • 26 Jul 2022 12:58
ANBK alias Asesmen Nasional Berbasis Komputer(anbk/anbk.kemdikbud.go.id)

ANBK adalah sigkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer.

Melansir laman resmi Kemendikbud.go.id, mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa dari sejumlah aspek seperti literasi, numerasi, dan karakter.

ANBK merupakan evaluasi yang digelar untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. ANBK ini dilakukan secara semi online hingga online.

Untuk ANBK online, penilaian dilakukan dengan menggunakan akses internet yang stabil menggunakan komputer proctor untuk membuat token. Sedangkan untuk sistem semi online tidak membutuhkan internet langsung, namun akan terhubung dengan komputer proctor yang memiliki akses internet.

ANBK ini berbeda dengan ujian nasional. Asesmen nasional ini penilaiannya lebih menyeluruh baik kognitif maupun non-kognitif. Penilaian juga dilakukan untuk kualitas lingkungan belajar setiap sekolah.

ANBK memiliki tujuan meningkatkan mutu pendidikan yang berdasarkan informasi akurat di setiap sekolah untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar.

Selain itu, hasil dari ANBK ini dapat dipakai untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu. Termasuk mengidentifikasi kesenjangan antar bagian di sistem pendidikan.

Berdasarkan penjelasan di laman anbk.kemendikbud.go.id, tujuan Asesmen Nasional ini untuk mengembalikan tujuan utama satuan pendidikan. Yakni mengembangkan kompetensi dan karakter murid.

Diharapkan dengan adanya Asesmen Nasional ini dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya untuk memperbaiki mutu pembelajaran.

Ada tiga instrumen penilaian pada Asesmen Nasional:

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
AKM diikuti oleh peserta didik untuk tujuan mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.

2. Survei Karakter
Survei Karakter diikuti peserta didik dan guru untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif.

3. Survei Lingkungan Belajar
Survei lingkungan belajar diikuti kepala satuan Pendidikan guna mengukur kulaitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.


Soal Asesmen nasional

Melansir laman Kemdikbud, Asesmen Nasional akan terdapat soal dalam bentuk:

  • Pilihan ganda
  • Pilihan Ganda kompleks
  • Menjodohkan
  • Isian singkat
  • Uraian

Untuk belajar soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum, bisa berlatih di laman https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/ayoakm/

Demikian penjelasan soal ANBK.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait