Mengenal 7 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada yang Ditutupi Salju Abadi

  • Arry
  • 2 Agt 2022 14:01
Gunung tertinggi di Indonesia: Puncak Jaya di Papua(humas/puncakjayakab.go.id)

Indonesia dikenal sebagai jalur ring of fire atau lintasan gunung berapi. Simak daftar 7 gunung tertinggi atau seven summit Indonesia.

Dari tujuh gunung tertinggi di Indonesia itu, salah satunya diselimuti salju abadi.

Selain itu, keberadaan tujuh gunung tertinggi di Indonesia ini juga memacu para pecinta alam untuk menaklukkan puncak-puncak gunung tertinggi di Indonesia itu.

Melansir laman seven summit Indonesia, berikut daftar 7 gunung tertinggi di Indonesia:

  • Carstensz Pyramid (Puncak Jaya)

Puncak Jaya atau dikenal Carstensz Pyramid berada di Papua. Ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak tertinggi di Indonesia ini merupakan sebuah gunung karang (limestone) dengan salju abadi. Selain menjadi puncak tertinggi di Indonesia, Carstensz Pyramid juga dinobatkan sebagai salah satu dari World Seven Summits.

  • Gunung Kerinci

    Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Ketinggiannya mencapai 3.805 mdpl.

Lokasi Gunung Kerinci ini berada di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi. Gunung Kerinci terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga menjadi taman nasional terbesar di Indonesia.

Salah satu Seven Summit Indonesia ini telah ditetapkan sebagai World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra. Selain itu, Gunung Kerinci juga menyandang status sebagai gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara.

  • Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Letaknya berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Ketinggian Gunung Semeru mencapai 3.676 mdpl.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia, setiap 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik. Gunung Semeru berada di bawah pengawasan administrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Daya tarik utama Gunung Semeru adalah karakteristik medannya yang bervariasi. Kita dapat menemukan lanskap padang sabana, hutan cemara, danau gunung, hingga hutan montana dalam perjalanan menuju puncak Gunung Semeru.

  • Gunung Rinjani

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl.

Gunung Rinjani menjadi gunung berapi aktif kedua tertinggi di Indonesia. Salah satu puncak tertinggi di Indonesia ini berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Salah satu daya tarik Gunung Rinjani adalah danau kaldera yang berada di puncaknya.

  • Gunung Bukit Raya

    Gunung Bukit Raya

Pulau Kalimantan ternyata juga terdapat salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Namanya Gunung Bukit Raya, yang memiliki ketinggian 2.278 mdpl.

Gunung Bukit Raya berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Secara administratif puncak tertinggi di Indonesia ini berada di bawah pengawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya. Gunung Bukit Raya bukan termasuk dalam gunung berapi.

  • Gunung Latimojong

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya berada di Pulau Sulawesi, tepatnya di Gunung Latimojong. Gunung ini memiliki ketinggian 3.430 mdpl. Puncak tertinggi Gunung Latimojong berada di puncak Rantemario.

Salah satu daya tarik dari Gunung Latimojong adalah ragam jenis satwa yang menghuni lokasi ini. Jika beruntung, kita dapat menjumpai anoa dan babi rusa selama pendakian. Jalur pendakian yang umum dipakai untuk mencapai puncak Rantemario adalah jalur Kecamatan Baraka.

  • Gunung Binaiya

Gunung Binaiya merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Puncak Binaiya memiliki ketinggian 3.027 mdpl dan berada di pulau Seram, Maluku.

Gunung Binaiya termasuk dalam pegunungan karst dan tidak aktif. Keunikan dari gunung ini adalah medannya yang bervariasi. Gunung Binaiya memiliki hutan dengan ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, hingga hutan subalpin.


Demikian tujuh gunung tertinggi di Indonesia yang masuk sebagai seven summit Indonesia.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait