Giliran Kombes Budhi Herdi Masuk Kurungan Gegara Terseret Kasus Ferdy Sambo

  • Arry
  • 22 Agt 2022 12:04
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto(humas/polri.go.id)

Tim Khusus Polri juuga telah menyatakan ada enam perwira polisi yang diduga merintangi penyidikan kasus tewasnya Brigadir J. Keenam perwira itu sudah ditahan di tempat khusus dan akan diserahkan ke penyidik.

"Penyidik melakukan pemeriksaan mendalam, maka terdapat 6 orang dari hasil pemeriksaan yang patut diduga melakukan tindak pidana, yaitu obstruction of justice, menghalangi penyidikan," kata Irwasum Polri, Komjen Agung Budi Maryoto pada Jumat 19 Agustus 2022.

Berikut daftar nama enam perwira Polri yang diduga merintangi penyidikan pembunuhan Brigadir J:

  1. Irjen Ferdy Sambo selaku mantan Kadiv Propam Polri
    Ferdy Sambo diduga menjadi otak pembunuhan dan merekayasa kasus seolah tembak-menembak. Irjen Ferdy Sambo adalah orang yang memerintahkan untuk mengambil CCTV vital di kasus pembunuhan Brigadir J.
  2. Brigjen Hendra Kurniawan selaku mantan Karopaminal Divisi Propam Polri
    Brigjen Hendra diduga mengeluarkan perintah untuk mengambil dan mengganti DVR CCTV. Sikap tidak berempati terhadap keluarga Brigadir Yosua ketika mengantarkan jenazah di Jambi juga dijadikan catatan.
  3. Kombes Agus Nurpatria selaku mantan Kaden A Biropaminal Divisi Propam Polri
    Kombes Agus diduga menerima perintah dari Brigjen Hendra Kurniawan untuk mengamankan, mencopot, mengganti DVR CCTV yang terpasang di pos Satpam Aspol Duren Tiga dengan DVR CCTV yang baru.
  4. AKBP Arif Rahman Arifin selaku mantan Wakaden B Biropaminal Divisi Propam Polri
    Diduga memerintahkan penyidik Polres Jaksel membuat BAP 3 saksi mengikuti arahan Biropaminal.
  5. Kompol Baiquni Wibowo selaku mantan PS Kasubbagriksa Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri
    Kompol Baiquni diduga menyimpan DVR CCTV terkait pembunuhan Yosua. Dia juga diduga menyerahkan DVR CCTV dari Kompol Chuk kepada seorang perwira berpangkat AKP.
  6. Kompol Chuk Putranto selaku mantan PS Kasubbag
    Kompol Chuk diduga ikut terlibat dalam penghilangan DVR CCTV terkait peristiwa pembunuhan Yosua dengan meminta seorang polisi menyerahkan DVR CCTV kepada seorang pekerja harian lepas (PHL).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait