Ruas Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Resmi Beroperasi, Berapa Tarifnya?

  • Arry
  • 23 Agt 2021 11:46
Presiden Joko Widodo resmikan ruas tol Kelapa Gading-Pulo Gebang(@setkabgoid/twitter)

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Dalam Kota segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang. Tol sepanjang 9,3 kilometer ini merupakan bagian dari proyek infrastruktur Enam Ruas Tol Dalam Kota Jakarta.

"Jalan tol ini merupakan bagian dan melengkapi dari jalan tol metropolitan Jabodetabek," kata Presiden Jokowi di Gerbang Tol Cakung, Jakarta, Senin, 23 Agustus 2021.

Presiden Jokowi berharap, distribusi logistik akan semakin lancar seiring dengan selesainya tol ini. Sehingga dapat meningkatkan daya saing ekonomi domestik.

Ruas tol Kepala Gading-Pulo Gebang ini akan terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan kawasan ekonomi khusus (KEK) Marunda, Jakarta Utara.

Baca Juga:
Ditolong dr Gunawan dari Badai Sitokin, Deddy Corbuzier Kasih Fortuner

Dua wilayah tersebut merupakan sentra ekonomi dan jalur perdagangan strategis. Dengan begitu, dengan adanya ruas tol baru ini, diharapkan mobilitas masyarakat dan juga barang akan semakin lancar.

“Sehingga akan memperkuat daya saing kita sehingga utamanya mobilitas orang semakin baik, mobilitas barang antara Jakarta dan sekitarnya akan semakin baik,” ujar Presiden Jokowi.

Berapa tarifnya?

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, tarif Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang sebesar Rp2.167 per kilometer. Tarif ini, menurutnya sesuai usulan JTD kepada Kementerian PUPR yang tercantum dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

Baca Juga:
Gegara Alpukat Cendol Dawet Keasinan, Lord Adi Keluar dari Masterchef

Adapun pembangunan segmen tol Kepala Gading-Pulo Gebang telah dimulai sejak Februari 2017.

Nantinya, ruas tol akan bertambah hingga membentang sepanjang 69,77 km. Tol ini mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT).

Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap yakni tahap 1 sepanjang 31,2 km terdiri dari Seksi A Kelapa Gading – Pulo Gebang sepanjang 9,3 km, Seksi B Semanan-Grogol sepanjang 9,5 km, dan Seksi C Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,4 km. Nilai investasi pembangunan tahap 1 sebesar Rp 20,73 triliun dengan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi – PT Adhi Karya (KSO).

Turut hadir dalam peresmian Tol Dalkot Kelapa Gading-Pulo Gerbang itu di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait