Irjen Ferdy Sambo Transfer Ratusan Juta ke Ajudan, Padahal Gajinya Rp 30 Juta

  • Arry
  • 16 Sep 2022 08:09
Ferdy Sambo dan para ajudannya(ist/ist)

Kubu Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat heran dengan uang ratusan juta rupiah yang ada di rekening para ajudan Irjen Ferdy Sambo.

Uang itu dikirim istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, ke rekening milik Brigadir Yoshua dan Bripka RR alias Bripka Ricky Rizal. Nilainya mencapai Rp200 juta.

Pengacara Brigadir J, Martin Lukas Simanjuntak, heran dengan uang Rp200 juta yang ditransfer ke dua rekening itu. Sebab, gaji seornag polisi berpangkat Irjen hanya Rp30 juta.

“Menurut studi kasus dan juga paparan LSM yang ahli di bidang pencucian uang, hal tersebut ada indikasi pencucian uang, jadi harus ditelurusi, kenapa harus rekening atas nama Yosua dikuasai oleh PC dan FS, itu kan jadi pertanyaan,” kata Martin dikutip dari YouTube KompasTV, Jumat, 16 September 2022.

“Kenapa tidak rekening atas nama PC atau FS dibuat lalu diserahkan kepada Yosua.”

Baca juga
Pengacara Ungkap Duit Rp200 Juta Keluar dari Rekening Brigadir J 3 Hari Setelah Wafat

Martin menjelaskan, keberadaan dua rekening tersebut sudah terkonfirmasi langsung oleh dua pihak. Pertama dari kuasa hukum Bripka RR dan kuasa hukum Putri Candrawathi.

“Sudah ada dua keterangan saksi ya yang pertama, Bapak Erman Ummar (kuasa hukum Bripka Ricky Rizal) mengatakan bahwa kliennya dibuatkan rekening lalu rekeningnya dikuasai,” ucap Martin.

“Lalu Arman Hanis (kuasa hukum Putri Candrawathi) juga tadi kan menyampaikan hal yang sama. Nah ada asas hukum ya, unus testis nullus testis, satu saksi bukan saksi, tapi kalau sudah dua orang yang mengatakan itu sudah menjadi alat bukti,” jelasnya.

Baca juga
Balik Lawan Irjen Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan Bongkar 5 Instruksi Sambo

Martin pun mempertanyakan penghasilan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi per bulannya.

“Kok bisa mantransfer uang ratusan juta bulanan gitu ya untuk beberapa dapur, di Magelang sekian ratus juta, di Jakarta sekian ratus juta,” kata Martin.

“Setahu saya Irjen Pol itu gajinya itu 30-an juta, kok bisa biaya hidupnya besar sekali, nah ini juga kan mencimbulkan kecurigaan, boleh dong kita minta penelurusan (PPATK),” ujar Martin.

“Kalau bisa setahun ke belakang, karena penggunaan rekening itu sebagai anggaran rumah tangga sudah berjalan beberapa tahun,” ucap Martin.

Baca juga
Najwa Shihab Sindir Keras Polisi: Jangan Mau Ditakuti, Urus Dulu itu Ferdy Sambo

Martin pun meminta PPATK bisa mengusut siapa pengirim uang ke sejumlah rekening ajudan Ferdy Sambo itu.

“Apakah benar seperti kecapnya Arman Hanis, apakah benar seperti kecapnya Bapak Erman Umar bahwa yang mentransfer itu Bu PC atau Pak FS,” kata Martin.

“Kalau saya sih curiga bukannya ya, bisa jadi jangan-jangan orang lain gitu loh, nah ini kan harus ditelusuri juga, jangan-jangan uang tersebut atau pun patut diduga diperoleh dari proses yang tidak legal, nah inilah tugas dari PPAK,” ujarnya.


Selanjutnya Gaji Polisi 2022 >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait