Diusulkan Jadi Cawapres 2024, Begini Jawaban Jokowi

  • Arry
  • 16 Sep 2022 14:10
Presiden Joko Widodo atau Jokowi(humas/bpmi setpres)

Muncul wacana mengusung Joko Widodo sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2024. Hal ini lantaran Jokowi sudah tidak mungkin lagi untuk diusung menjadi orang nomor satu di Indonesia pada 2024.

Presiden Joko Widodo pun buka suara soal munculnya wacana tersebut.

"Ini muncul lagi jadi Wapres. itu dari siapa? Kalau dari saya akan saya terangkan. Kalau nggak dari saya, saya nggak mau nerangin ya itu aja, terima kasih," kata Jokowi di Jakarta, Jumat, 16 September 2022.

Jokowi menyatakan, dirinya sudah beberapa kali menjelaskan isu seputar Pilpres 2024. Mulai dari tiga periode hingga perpanjangan jabatan.

"Sejak awal saya sampaikan, bahwa ini yang menyiapkan bukan saya loh ya. Urusan tiga periode sudah saya jawab, begitu itu sudah dijawab, muncul lagi yang namanya perpanjangan juga sudah saya jawab," kata dia.

Isu soal cawapres ini pertama kali muncul dari Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri Mahkamah Konstitusi, Fajar Laksono. Menurutnya, Jokowi bisa saja dicalonkan sebagai wakil presiden pada Pilpres 2024. Sebab hal tersebut tidak diatur dalam undang-undang.

Namun pernyataan itu kemudian diklarifikasi lagi oleh Mahkamah Konstitusi. Menurutnya, pernyataan itu hanyalah pernyataan pribadi dari Fajar Laksono, bukan lembaga Mahkamah Konstitusi.

"Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi RI, yang sekaligus menjalankan fungsi kejurubicaraan, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut, pertama, pernyataan mengenai isu dimaksud (presiden 2 periode boleh jadi cawapres) bukan merupakan pernyataan resmi dan tidak berkaitan dengan pelaksanaan kewenangan Mahkamah Konstitusi RI," tulis rilis resmi MK yang diterima awak media, Kamis, 15 September 2022.

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait