Anies Baswedan Selesai, Heru Budi Dilantik jadi Pj Gubernur DKI Jakarta Pagi Ini

  • Arry
  • 17 Okt 2022 06:02
Anies Baswedan bersama Heru Budi Hartono yang akan meneruskan jabatan sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta(@aniesbaswedan/instagram)

Anies Baswedan telah menyelesaikan masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sebagai penggantinya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan melantik Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

Pelantikan Heru Budi itu akan digelar di Kementerian Dalam Negeri, Senin, 17 Oktober 2022, pukul 08.30 WIB.

"Yang diundang Forkopimda Provinsi DKI dan Papua, serta Forkopimda Kabupaten Yapen dan Tolikara," kata Kapuspen Kemendagri Benny Irwan.

Heru Budi Hartono bukanlah orang baru di Jakarta. Kepala Sekretariat Presiden itu pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakata Utara.

Baca juga
Jokowi Pilih Heru Budi Hartono Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta Pengganti Anies Baswedan

Heru Budi juga memulai kariernya sebagai PNS di Jakarta. Namanya naik saat Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memimpin Jakarta.

Pada era Jokowi, Heru Budi Hartono dilantik sebagai Wali Kota Jakarta Utara. Sementara pada era Ahok, Heru Budi Hartono mengemban tugas sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD).

Ahok juga memberikan tugas kepada Heru Budi Hartono untuk mengurusi normalisasi Waduk Pluit.

Baca juga
Profil Heru Budi Hartono, Orang Dekat Jokowi-Ahok Jadi Pengganti Anies Baswedan

Kedekatan ini pun membuat Ahok ingin menggaet Heru Budi Hartono dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Namun, pencalonan Heru Budi urung terjadi. Dia digeser oleh Djarot Saiful Hidayat yang kemudian menjadi wakilnya Ahok.

Lepas dari Pilgub DKI, Heru Budi Hartono kemudian ditarik Jokowi ke Istana Presiden. Dia ditugasi Presiden Jokowi untuk menjadi Kepala Sekretariat Presiden.


Selanjutnya alasan Jokowi pilih Heru Budi Hartono jadi Pj Gubernur DKI Jakarta >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait