Prediksi Badai Dahsyat 28 Desember di Jabodetabek, BRIN Ungkap Soal Teknologi SADEWA

  • Arry
  • 28 Des 2022 17:49
Pantauan Cuaca BMKG(@eyulihastin/twitter)

Prediksi BRIN Erma Yulihasti soal badai dahysat di Jabodetabek pada 28 Desember 2022 menjadi sorotan. BRIN pun menjelaskan penelitian yang dipakai untuk memprediksi cuaca menggunakan teknologi SADEWA. Apa itu?

Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN, Anis Purwaningsih, menjelaskan pihaknya menggunakan teknologi SADEWA alias Satellite Disaster Early Warning System sebagai sebuah sistem informasi peringatan dini bencana berbasis teknologi satelit dan model atmosfer.

Sistem SADEWA berfungsi memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait yang menangani kejadian bencana baik pada tingkat pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka pengelolaan resiko bencana hidro-meteorologis.

"SADEWA merupakan aplikasi berbasis web yang terdiri dari sistem pemantauan atmosfer berbasis satelit Himawari-8, sistem prediksi atmosfer berbasis model Weather Research Forecasting (WRF), dan sistem peringatan dini hujan ekstrem," kata Anis dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga
BRIN Sebut Badai 28 Desember 2022, Jokowi: Ikuti Informasi dari BMKG!

"SADEWA menyajikan informasi parameter atmosfer seperti curah hujan, angin, awan, suhu, kelembapan, dan lain-lain," imbuhnya.

"SADEWA meliputi seluruh wilayah Indonesia dengan resolusi spasial 5 kilometer, resolusi waktu 1 jam, dengan jangkauan prediksi 3 hari ke depan," jelasnya.

"Sadewa dengan resolusi yang lebih tinggi (1 kilometer) tersedia untuk wilayah Jawa Barat dengan resolusi waktu dan jangkauan prediksi yang sama dengan SADEWA 5 kilometer," jelasnya.

Anis menjelaskan, informasi yang bisa didapat dari teknologi SADEWA ini seperti Suhu Puncak Awan, Uap Air, Visible, Near Infrared, Awan Tumbuh, Zona Konvergensi Inter-tropis (ITCZ), Indeks Monsun, IOD, MJO, SOI, ONI, AWS dan Radar. Sedangkan untuk prediksi tiga hari ke depan, pengguna dapat mengakses informasi terkait Awan, Hujan, Suhu Permukaan, Tekanan, Uap Air, Angin 10 meter, Angin 850 milibar, dan Angin 200 milibar.

Selain itu, SADEWA juga dapat memberikan peringatan dini hujan ekstrem.

"Masyarakat dapat mengakses SADEWA melalui, tautan sadewa.brin.go.id untuk resolusi 5 kilometer, sedangkan sadewa.brin.go.id/sadewabgr untuk resolusi 1 kilometer," terang Anis.

Baca juga: 47 HP Ini Tak Bisa Lagi Pakai Aplikasi WhatsApp Pada 2023, Adakah Punya Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait