BRIN Sebut Badai 28 Desember 2022, Jokowi: Ikuti Informasi dari BMKG!

  • Arry
  • 28 Des 2022 12:39
Presiden Joko Widodo atau Jokowi(humas/setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo sampai angkat bicara soal adanya potensi badai hingga banjir besar di Jabodetabek pada 28 Desember 2022 yang disampaikan Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN.

"Ikuti semua informasi dan ikuti semua yang disampaikan oleh BMKG," kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 28 Desember.

Untuk diketahui, BMKG merilis peluang terjadi cuaca ekstrem di akhir desember 2022. Dilansir situs BMKG, ada beberapa analisis yang dilakukan oleh pihak BMKG terkait cuaca ekstrem di Indonesia:

1.Peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan selatan.

2. Intensifikasi seruakan dingin Asia yang dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan, serta meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.

3. Adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif dan berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

4. Terpantaunya beberapa aktivitas gelombang atmosfer, yaitu fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial, kondisi tersebut berkontribusi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia, terutama di bagian tengah dan timur.

Baca juga
Soal badai dan Banjir Besar 28 Desember 2022, BMKG: Berpotensi Terjadi 30 Desember

"BMKG memprakirakan seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru 2023," tulis BMKG lewat akun Twitter resmi @InfoHumasBMKG.

Ancaman cuaca ekstrem di Jabodetabek diungkapkan Peneliti klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin.

"Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata Erma dalam unggahannya di Twitter.

"Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut. Dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022," katanya.

"Konvergensi di darat pun akan masif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2022 akan meluas. Menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat," katanya.

Baca juga: Pegunungan Al Jabal di Arab Saudi Diselimuti Salju, Warga dan Turis Eropa Siap Serbu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait