BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi Hari Ini 30 Desember, Ini Perkiraan Cuaca Jakarta

  • Arry
  • 30 Des 2022 08:02
Ilustrasi Hujan(@ryoji__iwata/unsplash)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika alias BMKG memprediksi cuaca ekstrem akan menerjang wilayah Indonesia pada akhir Desember 2022. Puncaknya terjadi pada hari ini, Jumat 30 Desember 2022.

"BMKG sampaikan tanggal 30 (Desember) prakiraan kita, dasar kita modeling, tanggal 30 cuaca buruk hujan ekstrem di atas 150 di Jawa Barat, Jabodetabek," kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto dalam konferensi pers 27 Desemer.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, pun menjelaskan, cuaca ekstrem itu bukan berarti terjadi hujan badai.

“Hujan ekstrem itu tidak harus berupa badai, dan hujan ekstrem itu tadi diprediksi dimulai trennya sudah terlihat sejak 21 Desember, dan semakin meningkat di 29 Desember,” kata Dwikorita.

Baca juga
BMKG: Hujan Lebat Hingga Ekstrem Guyur Jabodetabek Pada 30 Desember 2022

Bagaimana prakiraan cuaca di Jakarta dan sekitarnya dari BMKG pada hari ini?

Melansir laman resminya, BMKG memprediksi hujan akan mengguyur wilayah Jakarta satu hari ini.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir di sebagian besar DKI Jakarta pada pagi hari serta sebagian di wilayah Jaksel dan Jaktim pada dini hari," tulis BMKG di laman resminya.

Pada pagi hari, hujan lebat disertai petir diperkirakan terjadi di Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara. Sementara wilayah Jakarta lainnya diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Baca juga
Doa Rasulullah SAW Saat Hujan Badai dan Ekstrem

Pada siang hari, seluruh wilayah Jakarta diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.

Pada malam hari, hujan dengan intensitas ringan akan turun di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sementara hujan sedang terjadi di Kepulauan Seribu.

Kemudian pada dini hari, Jakarta Barat, Selatan, dan Pusat akan diguyur hujan dengan intensitas sedang. Sementara wilayah Jakarta lainnya hujan dengan intensitas ringan.

BMKG merilis, suhu di DKI Jakarta akan berkisar antara 22 hingga 27 derajat Celcius dengan kelembapan 85 hingga 100 persen.

Baca juga: Legenda Sepakbola Pele Meninggal Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait