17 Orang Jadi Tersangka Bentrok Maut TKA dan TKI di PT GNI Morowali

  • Arry
  • 16 Jan 2023 16:18
PT Gunbuster Nickel Industri atau PT GNI(PT GNI/gni)

Polisi menetapkan 17 tersangka bentrokan maut di pabrik nikel PT Gunbuster Nickel Industri atau GNI yang berada di Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Peristiwa itu menewaskan 1 tenaga kerja asing dan 1 tenaga kerja Indonesia.

"Sampai dengan saat ini ada 71 orang yang diamankan, 33 orang telah dilakukan pemeriksaan di mana 17 di antaranya terindikasi melakukan perbuatan perusakan dan telah ditetapkan sebagai tersangka," kata Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto, Senin, 16 Januari 2023.

Didik menjelaskan, selain 17 orang menjadi tersangka, sebanyak 16 orang dimita menjadi wajib lapor. "(Sebanyak) 16 orang lainnya diminta wajib lapor," ujarnya.

Didik meminta masyarakat tidak terprovokasi informasi tidak benar terkait bentrok maut di PT GNI. Menurutnya, saat ini situasi di kawasan tersebut sudah terkendali.

"Terkait tenaga kerja asing, tidak ada tenaga kerja asing yang diungsikan, semua berada di mess dan dalam pengamanan pihak kepolisian dan TNI," ujarnya.

Bentrokan maut itu terjadi pada Sabtu, 14 Januari 2023. Selain kerusuhan, terjadi pula penjarahan di asrama putri TKI serta pembakaran asset perusahaan.


Kronologi bentrok maut >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait