Innalillahi, Mantan Ketua Umum MUI KH Ali Yafie Meninggal Dunia

  • Arry
  • 26 Feb 2023 07:35
Mantan Ketua Umum PBNU KH Ali Yafie meninggal dunia(ist/istimewa)

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Kabar duka datang dari mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ali Yafie. Rais Aam PBNU 1991-19912 itu meninggal dunia karena sakit.

Kabar duka diumumkan dari laman resmi MUI. Dalam keterangannya, MUI menyatakan KH Ali Yafie meninggal dunia pada Sabtu, 25 Februari 2023 pukul 22.13 WIB. Almarhum meninggal dunia usai dirawat di RS Bintaro, Tangerang Selatan.

Jenazah disemayamkan di rumah duka di Kompleks Menteng Residence, Jl Menteng V Blok FC 5 No 12, Sektor 7 Bintaro Jaya.

Dan melansir laman Nahdlatul Ulama (NU), jenazah almarhum rencananya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, pada Ahad, 26 Februari 2023 usai sholat Dzuhur.

Semasa dirawat di rumah sakit, KH Ali Yafie sempat dijenguk Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Wapres menyatakan, KH Ali Yafie adalah sosok ulama panutan.

"Beliau adalah senior saya yang baik," kata Wapres seperti dilansir dari situs MUI.

"Saya bergaul lama dengan beliau dan beliau seorang alim ulama besar dan punya pengetahuan yang luas. Tidak hanya masalah-masalah keagamaan, tapi juga masalah-masalah kenegaraan, kebangsaan, kemasyarakatan dan saya kira jarang ulama sekaliber beliau yang keluasan ilmunya, dan juga keketuaannya yang patut menjadi contoh teladan," ujarnya.

KH Ali Yafie lahir di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pada 1 September 1926. Almarhum meninggal dunia di usia 96 tahun.

KH Ali Yafie sempat dirawat karena RS Premier Bintaro. Selain faktor usia, almarhum juga memiliki gangguan pernafasan yakni adanya cairan di dalam paru-paru dan flek di jantung.

Artikel lainnya: Ayam Goreng Khas Indonesia Jadi Hidangan Ayam Goreng Terbaik di Dunia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait